Sasar 12 Ribu Rumah Tangga, 230 Petugas BPS Kota Malang Lakukan Pendataan Tahap Dua Long Form SP2020

Jun 03, 2022 17:32
Kepala BPS Kota Malang Erny Fatma Setyoharini (dua dari kiri) saat mendampingi petugas untuk melakukan Long Form SP2020 di salah satu rumah masyarakat. (Foto: BPS Kota Malang for JatimTIMES)
Kepala BPS Kota Malang Erny Fatma Setyoharini (dua dari kiri) saat mendampingi petugas untuk melakukan Long Form SP2020 di salah satu rumah masyarakat. (Foto: BPS Kota Malang for JatimTIMES)

JATIMTIMES - Sebanyak 230 petugas Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Malang telah diterjunkan untuk melakukan pendataan Long Form Sensus Penduduk 2020 (SP2020) tahap dua, yang dimulai pada tanggal 1 Juni hingga 30 Juni 2022. 

Kepala BPS Kota Malang Erny Fatma Setyoharini mengatakan, pendataan Long Form SP2020 pada tahap dua ini akan menyasar 12.688 rumah tangga yang tersebar di lima kecamatan Kota Malang. 

"Dalam pendataan tahap kedua ini akan diajukan 83 pertanyaan kepada rumah tangga terpilih yang berjumlah 16 rumah tangga per blok sensus," ungkap Erny dalam keterangan yang diterima JatimTIMES.com, Jumat (3/6/2022). 

Pihaknya menyebut, bahwa pelaksanaan pendataan Long Form SP2020 ini menggunakan CAPI, yakni Computer Assited Personal Interview yang kemudian dapat diakses menggunakan aplikasi berbasis android.

Erny juga mengimbau kepada masyarakat luas di Kota Malang agar memberikan jawaban secara jujur dan bertanggungjawab. Setiap jawaban yang diberikan oleh masyarakat, secara otomatis telah dijamin kerahasiannya berdasarkan Undang-Undang Nomor 16 tahun 1997 tentang Statistik. 

"Data yang dikumpulkan dalam pendataan sampel rumah tangga ini meliputi data karakteristik penduduk, migrasi, pendidikan dan komunikasi, disabilitas, ketenagakerjaan, fertilitas, mortalitas, perumahan dan pertanahan," terang Erny. 

Lebih lanjut, pihaknya juga menyebut pentingnya pendataan Long Form SP2020 yang merupakan sebuah kegiatan yang menyediakan parameter demografi, serta katakteristik penduduk lainnya untuk menghasilkan indikatori SDGs dan RPJMN di bidang kependudukan. 

"Bahkan dari hasil pendataan Long Form SP2020 ini akan dilakukan analisis tematik yang bertujuan untuk mendukung perumusan kebijakan terutama bidang kependudukan," kata Erny. 

Sementara itu, pihaknya menjelaskan bahwa Indonesia merupakan negara yang multikultur dan multinetnis. Perubahan sebaran suku bangsa dan bahasa menarik untuk dianalisa serta dikaitkan dengan pembangunan sosial ekonomi penduduknya. Upaya pembangunan yang terus menerus dilakukan, juga perlu diukur dampaknya terhadap pembangunan manusia.

Erny yang berkesempatan hadir untuk mendampingi para petugas melakukan pendataan Long Form SP2020 di kawasan RT 07/RW 07, Kelurahan Bandungrejosari, Kecamatan Sukun, Kota Malang. 

Pihaknya juga meminta kepada para petugas yang sedang melakukan pendataan Long Form SP2020 untuk menyiapkan perangkat pendataan dan menggali pertanyaan secara lengkap serta akurat. 

"Pastikan indentifikasi anggota rumah tangga sudah benar, ya! Meski tidak terdaftar dalam satu kartu keluarga yang sama, namun jika memenuhi konsep anggota rumah tangga maka harus dicatat dalam pendataan ini," tandas Erny. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Kota MalangBPS kota malangSensus PendudukSensus Penduduk Kota Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru