Ridwan Kamil dan Keluarga Meyakini Eril Wafat, Salat Gaib Digelar Usai Jumatan

Jun 03, 2022 12:02
Emmeril Kahn Mumtadz (Foto: Instagram)
Emmeril Kahn Mumtadz (Foto: Instagram)

JATIMTIMES - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil atau Kang Emil dan keluarga sudah meyakini bahwa sang putra, Emmeril Khan Mumtadz atau Eril sudah meninggal dunia karena tenggelam di Sungai Aare, Swiss. Ridwan Kamil dan keluarga juga sudah ikhlas atas kepergian Eril.

"Kang Emil dan Teh Lia sudah menyampaikan mereka ikhlas dan meyakini bahwa Emmeril Khan Mumtadz yang kita kenal sebagai Eril sudah wafat berpulang ke Rahmatullah karena tenggelam," kata kakak Ridwan Kamil, Erwin Muniruzaman, Jumat (3/6/2022).

Erwin menyampaikan keyakinan tersebut diperoleh setelah keluarga melakukan evaluasi dan menyimak seluruh proses pencarian Eril di di Sungai Aare, Bern, Swiss yang hilang sejak Kamis (26/5/2022). Erwin juga mengatakan bahawa selama sepekan ini proses pencarian Eril juga sudah dilakukan secara maksimal.

Lebih lanjut, Erwin mengungkapkan pihak otoritas Swiss juga telah menggunakan pencarian jenazah dalam mencari Eril. Oleh sebab itu, Ridwan Kamil dan keluarga pun ikhlas bahwa Eril sudah meninggal dunia.

"Kemudian juga termasuk juga diantaranya yang disampaikan oleh Elpi bahwa otoritas setempat sudah melakukan pencarian yang memang spesifik untuk mencari jenazah," ungkap Erwin.

Pencarian Eril sendiri akan dilanjutkan hari ini Jumat (3/6/2022). Tim SAR akan melibatkan anjing pelacak untuk mencari jasad Eril yang hilang di sungai Aare. 

"Untuk proses pencarian, pihak kepolisian saat ini sudah bersiap menerjunkan anjing pelacak untuk mencari jejak aroma di permukaan. Di mana ini ada keahliannya khusus," kata Elpi Nazmuzzaman, adik Ridwan Kamil, dalam konferensi pers secara virtual Jumat (3/6/2022).

Elpi sendiri sudah berada di Swiss untuk melanjutkan pemantauan pencarian Eril. Sementara, Ridwan Kamil, istri dan anak perempuannya yang ikut mencari Eril di Swiss telah terbang ke Indonesia untuk kembali melaksanakan tugas sebagai Gubernur Jabar. Namun demikian, pihak keluarga tetap berharap jasad Eril bisa ditemukan.

Salat gaib digelar hari ini usai Jumatan

MUI Jabar mengajak umat muslim menggelar salat gaib untuk Eril hari ini. Hal itu sesuai surat edaran yang dikeluarkan MUI Jabar terkait hilangnya Eril, Kamis (2/6/2022).

MUI Jabar mengungkapkan sejumlah alasan mengajak warga melaksanakan salat Gaib untuk Eril yang sampai saat ini belum ditemukan setelah menghilang di Sungai Aare, Swiss sejak Kamis (26/5/2022). Selain itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga menyerukan agar masjid di Jakarta menggelar salat gaib untuk Eril. 

"Kepada Karo Dikmental, harap segera membuat ajakan dan imbauan kepada seluruh masjid di Jakarta agar mendirikan shalat ghaib pasca salat Jumat bagi ananda Emmiril Khan Mumtaz, putra dari Ibu Atalia dan Bapak Ridwan Kamil (Gubernur Jawa Barat), yang hilang di sungai Aare, Bern, minggu lalu," ujar Anies, dalam keterangannya, Jumat (3/6/2022).

Anies mengimbau seruan ini harus diterima seluruh masjid di Jakarta pukul 11.00 WIB hari ini. Salat gaib akan digelar setelah salat Jumat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Ridwan Kamilanak ridwan tenggelamSalat Gaib

Berita Lainnya

Berita

Terbaru