Kian Manjakan Masyarakat, Bus Macito Beroperasi 6 Hari dalam Seminggu

Jun 02, 2022 19:21
Bus Malang City Tour (Macito) yang sedang beroperasi di kawasan Kota Malang, Kamis (2/6/2022). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)
Bus Malang City Tour (Macito) yang sedang beroperasi di kawasan Kota Malang, Kamis (2/6/2022). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Kabar gembira bagi masyarakat yang ingin menggunakan bus Malang City Tour (Macito) untuk keliling Kota Malang. Kini, untuk memberikan peningkatan pelayanan terhadap masyarakat, Pemerintah Kota (Pemkot) Malang melalui Dinas Perhubungan (Dishub)  mengoperasikan bus Macito enam hari dalam satu pekan secara gratis. 

Bus Macito yang resmi beroperasi dan dibuka untuk masyarakat umum sejak 1 April 2022 -tepat pada momentum Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-108 Kota Malang- resmi ditambah jam dan hari operasionalnya sejak Rabu 1 Juni 2022. 

Penambahan jam dan hari beroperasinya bus Macito ini dilakukan oleh Dishub Kota Malang untuk mengakomodasi keinginan masyarakat. Pasalnya, animo masyarakat yang ingin menaiki bus Macito cukup tinggi namun jumlah unit bus Macito masih satu unit. 

"Jadi, bus Macito sekarang di loperasionalkan pada hari efektif Senin sampai Kamis dan hari libur pada Sabtu dan Minggu," ungkap Kepala Bidang Angkutan Dishub Kota Malang Soni Bachtiar kepada JatimTIMES.com, Kamis (2/6/2022). 

Bus Macito.

Soni menjelaskan,  hari efektif  Senin sampai Kamis dibagi dalam dua sesi, yakni pagi hari dan siang hari. Pagi hari beroperasi mulai pukul 09.00 WIB sampai 11.30 WIB. Kemudian siang harinya beroperasi mulai pukul 13.00 WIB sampai pukul 15.00 WIB. 

Sedangkan pada akhir pekan, yakni  Sabtu dan Minggu, bus Macito akan beroperasi dalam tiga sesi, yakni siang, sore dan malam hari. Sesi siang beroperasi mulai pukul 13.00 WIB sampai pukul 15.00 WIB. Lalu untuk sesi sore hari beroperasi mulai pukul 15.30 WIB sampai 17.30 WIB. Sedangkan  sesi malam hari beroperasi mulai pukul 18.30 WIB sampai 20.00 WIB. 

Soni menyebut, lokasi pemberangkatan berada di Jalan Majapahit atau lebih tepatnya di eks Kantor Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang UPT Laboratorium Lingkungan. Untuk menjawab kebingungan masyarakat, melalui akun Instagram @pemkotmalang, juga telah dibagikan bercode atau link lokasi titik pemberangkatan.  

Untuk rute bus Macito,  Dishub Kota Malang telah menentukan rute yang terdapat ikon Kota Malang untuk layanan edukasi terhadap masyarakat luas.  "Jadi, lewat Alun-Alun Tugu belok kiri nanti kawasan Heritage Basuki Rahmat, nanti sampai Alun-Alun Merdeka. Setelah itu menuju ke Jalan Ijen, terus ke Jalan Pahlawan Trip dan balik lewat Jalan Ijen kembali menuju kantor Eks DLH Kota Malang," jelas Soni. 

Lebih lanjut, untuk memberikan rasa kenyamanan masyarakat Kota Malang maupun wisatawan dari luar serta dalam negeri yang berada di Kota Malang dan ingin menikmati layanan bus Macito, Dishub menambah  jumlah putaran Bus Macito. 

"Antusiasme sangat tinggi. Kemarin saja sehari mutar tujuh trip. Kapasitas kita dengan kru 24 dan setiap berangkat selalu penuh," pungkas Soni. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Bus MacitoBus Malang City TourPemkot MalangWisata Kota Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru