Mata Kuliah Aneh di Dunia, Ada Wine hingga Harry Potter

Jun 02, 2022 11:57
Ilustrasi perkuliahan (pixabay)
Ilustrasi perkuliahan (pixabay)

JATIMTIMES - Mata kuliah yang ada di kampus, kebanyakan adalah mata kuliah yang mempelajari ilmu terkait sains, teknologi dan sosial. Namun tahukah kamu?, ternyata ada mata kuliah pada kampus di dunia yang bisa dibilang nyleneh dan tidak hanya mempelajari tentang ilmu sains, teknologi dan sosial saja.

Lantas, apa saja itu?, yuk simak informasinya yang diolah dari laman Top Universities:

1. Paleontologi.

Mata kuliah ini terdapat di sebuah universitas bernama Nazarbayev University. Mata kuliah ini mempelajari terkait fosil.

Awal kemunculannya, Universitas ini diminta untuk menyelamatkan sebuah fosil Ichthyosaurus yang ditemukan di Kazakhstan. Ichthyosaurus merupakan reptil laut yang telah punah. Saat itu, fosil ichthyosaurus ditemukan dalam keadaan 90 persen lengkap. 

Laurent Richard selaku Profesor dari Nazarbayev University kemudian mengajak para mahasiswa untuk berkontribusi dalam menjaga warisan geologis Kazakhstan. Menjadikan paleontologi sebagai mata kuliah akan melibatkan mahasiswa untuk melakukan upaya konservasi

2. Wine

Pernah mendengar Wine?, ya kalian pasti menebak jika itu sebuah minuman anggur. Tapi jangan salah, Wine juga merupakan nama sebuah mata kuliah yang ada di Cornel University.

Pada mata kuliah ini, dipelajari aspek non fermentasi dari produksi wine. Mahasiswa yang mengambil mata kuliah ini, diharapkan dapat berpikir kreatif dan menunjukkan rasa penasaran.

3. Penerbitan Buku Komik

Maya kuliah ini sebenarnya tidaklah terlalu aneh, dan mungkin saja pernah dijumpai di beberapa kampus. meskipun begitu, mata kuliah ini sangatlah menarik untuk dipelajari. Mata kuliah ini sendiri dapat dijumpai di Minneapolis College of Art and Design (MCA).

hal yang dipelajari dalam mata pelajaran tersebut yakni bagaimana memproduksi (mempelajari pemindaian, proses mencetak, dan memasarkan) dan mempromosikan buku komik cetak maupun online.

4. Forgetting of Air

Mata kuliah ini mempelajari terkait udara, pikiran, tubuh dengan konteks yang beda. Hal ini untuk membantu para mahasiswa dalam memahami budaya melalui panca indra, yang kemudian berpengaruh pada cara pandang seseorang melihat arsitektur. Mata kuliah ini dapat dijumpai di Metropolitan University. Mata kuliah ini juga berhubungan dengan filosofi, estetika, dan lingkungan.

5. Ilmu Sereal

Sereal yang kalian tahu pastinya adalah sebuah makanan. Namun juga ada mata kuliah yang memiliki nama sereal. Mata kuliah unik ini mempelajari tentang karakteristik sereal, kacang-kacangan komponen maupun cara mengolah sereal. Mata kuliah ini dapat dijumpai di Kansas State University.

6. Kanibalisme, Peradaban, Kejahatan Terorganisir, dan Korupsi.

Mata kuliah aneh ini  ada di Kazakhstan's University yang termasuk ke dalam ranah ilmu Antropologi Sosiologi. Mata kuliah Kanibalisme, peradaban, kejahatan terorganisir, dan korupsi ini, memberikan perspektif yang unik kepada para mahasiswa untuk mengenal sejarah manusia hingga bentuk dari masyarakat melalui sejarah.

Hal ini dibenarkan oleh profesor dari Nazarbayev University Gavin Slade."Mahasiswa ingin mempelajari topik yang tidak biasa, sehingga kursus ini mendapatkan masukan yang baik secara keseluruhan," ujar Slade.

7. Harry Potter

Tentunya kalian sudah tahu bukan dengan film Harry Potter ?. Ya ya nama Harry Potter juga menjadi nama sebuah mata kuliah Departemen Pendidikan dari Durham University.

Mata kuliah ini mempelajari terkait kajian budaya populer. Mempelajari keterkaitan buku Harry Potter dan pendidikan kewarganegaraan, termasuk juga metode penulisan dan interpretasi fiksi terhadap kebijakan pendidikan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
mata kuliah anehwine jadi mata kuliahkampus aneh

Berita Lainnya

Berita

Terbaru