Ini Resep Herbal Teh Anti Pilek, Wajib Dicoba

Jun 02, 2022 08:55
Ilustrasi ramuan herbal (pixabay)
Ilustrasi ramuan herbal (pixabay)

JATIMTIMES - Influenza atau pilek, merupakan sebuah penyakit yang seringkali diderita oleh seseorang. Mengalami pilek, sangatlah menganggu seseorang untuk bernafas. Terlebih lagi ketika seseorang tengah melakukan sebuah aktivitas, adanya pilek tentu sangat membuat tidak nyaman.

Namun jangan khawatir, terdapat sebuah resep topcer dari dokter yang juga penceramah, dr Zaidul Akbar tentang minuman teh herbal anti pilek, dikutip dari akun Instagram 
@dr.zaidulakbar.resep.

Dijelaskan, jika dalam membuat teh anti pilek, hanya dibutuhkan 4 bahan yang mudah untuk didapatkan. 4 bahan tersebut terdiri dari 1 sdt teh bubuk, 1 ruas jahe (penggunaan Jahe Emprit lebih baik), 5 butir Kapulaga, 3 buah Cengkeh dan 300-400 ml air.

Kandungan Jahe, memiliki zat-zat yang snagat bermanfaat. Kandungan anti peradangan pada jahe dapat membantu melawan sakit tenggorokan dan infeksi pernapasan.

Untuk Kapulaga, dikenal dapat meringankan infeksi umum seperti pilek dan batuk. Kapulaga kaya dengan sifat antioksidan dan antibiotik. Bahkan, kapulaga juga dikenal bisa membantu penurunan berat badan dan membantu dalam mengatasi beberapa gejala depresi hingga tekanan darah tinggi.

Sedang pada cengkeh, kaya akan antiseptik, antivirus dan antibakteri. Ketiga komponen tersebut efektif meredakan radang tenggorokan, batuk, sakit kepala juga flu.

Cara meracik teh anti pilek tersebut juga cukup mudah. Dimulai merebus air, kemudian masukkan bahan-bahan yang disebutkan sebelumnya, lakuakn perebusan hinggga mendidih sambil diaduk, setelah itu matikan api dan tunggu hingga teh anti pilek dalam kondisi hangat, lalu siap untuk diminum.

Selain sebagai pencegah pilek, resep teh herbal ini juga memiliki manfaat lainnya. Di antaranya bisa untuk menghangatkan tubuh, menambah stamina, dan menjaga daya tahan tubuh

Resep teh herbal anti pilek ini aman dikonsumsi juga bagi anak-anak dengan,  boleh dikonsumsi 2 sampai 3 kali sehari," tulis akun dr.zaidulakbar.resep

Sementara itu, agar rasa teh anti pilek tersebut kian nikmat diminum, maka boleh ditambahkan madu dengan Takara sesuai selera. Selain menambah rasa pada ramuan teh anti pilek, madu juga memiliki banyak manfaat.

Manfaat madu seperti, menangkal radikal bebas, meningkatkan imunitas, meredakan batuk, mempercepat penyembuhan luka dan beberapa manfaat lainnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru