Tim BPJPH Assessmen LPH UIN Malang, Rektor Berharap Hasil Terbaik

Jun 02, 2022 08:29
Tim BPJPH melakukan assessment ke LPH UIN Malang (Ist)
Tim BPJPH melakukan assessment ke LPH UIN Malang (Ist)

JATIMTIMES - Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang kedatangan Tim Assessment dari Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama RI.

Kedatangan Tim Assessment BPJPH itu guna melakukan visitasi akreditasi terhadap LPH UIN Maliki Malang.

Selama tiga hari ke depan, mulai Rabu (1/6/2022) - Jumat (3/6/2022) 6 anggota Tim dari BPJPH melakukan visitasi. 6 anggota tim tersebut terdiri dari : KH Aizzuddin Abdurrahman, Prof Dr rer nat Fredy Kurniawan SSi MSi, Dr H Ali Imron MAg, Neni Widyana SSi Apt MSE, M Djamaluddin SAg MPdI dan Nala Tartila SH.

1

Rektor UIN Maliki Malang, Prof M Zainuddin MA, menyampaikan, Halal Center telah diinisiasi oleh UIN Maliki Malang sejak 2018. UIN Malang, memiliki tujuh fakultas  di mana terdapat beberapa prodi yang terkait dengan LPH. Fakultas tersebut seperti, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) yakni prodi Farmasi, Fakultas Sains dan teknologi(Saintek), yakni prodi Kimia dan Biologi serta Fakultas Syariah. 

"Insyaallah di sini memiliki komponen unit Halal Center yang paling lengkap dibandingkan PTKIN yang ada lainnya. Karena selain ditunjang oleh keilmuan dari fakultas, juga didukung adanya unit tertentu yang mengkaji tentang fatwa-fatwa dalam syariat Islam," terangnya.

2

UIN Maliki Malang benar-benar berkomitmen dalam mendukung dan mensupport pendirian halal center sekaligus LPH. Bahkan hal ini menjadi salah satu Indikator Kinerja Utama (IKU) Rektor yang mengacu pada SK Rektor No. 1437 tahun 2022. 

Selain itu, Halal Center juga sangat didukung melalui pendanaan yang baik melalui kegiatan workshop, pengiriman profesi halal atau pengadaan laboratorium halal terintegrasi. 

"Saat ini sudah ada 20 orang tim halal center yang telah mengikuti pelatihan auditor halal dan 10 orang sudah bersertifikat kompetensi," terangnya.

3

Oleh karena itu, dengan berbagai kesiapan dan komitmen yang ada, Prof Zain sapaan akrabnya berharap, lembaga yang diketuai oleh Begum Fauziyah, M. Farm telah siap diakreditasi. 

“Sangat diharapkan memperoleh nilai yang maksimal dan hasil yang terbaik,” pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
UIN Malanglph uin malangbpjhp kemenagbpjhprof zainuddin

Berita Lainnya

Berita

Terbaru