Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Politik

Pesan Amien Rais soal Pilpres 2024: Jangan Dipilih yang Terlalu Condong ke Negara Lain

Penulis : Desi Kris - Editor : A Yahya

01 - Jun - 2022, 12:36

Amien Rais (Foto: IST)
Amien Rais (Foto: IST)

JATIMTIMES - Ketua Majelis Syura Partai Ummat Amien Rais memberikan saran terhadap masyarakat untuk tidak memilih capres yang pro barat atau China. Ia juga meminta masyarakat tidak memilih pemimpin yang visi dan misinya terlalu condong ke negara lain atau yang terkesan memusuhi kelompok tertentu.

"Kalau ada calon pemimpin terlalu ke arah Barat, jangan dipilih, atau terlalu ke arah (negara) Tirai Bambu, juga jangan dipilih. Kiblat kita Indonesia," ujar Amien Rais dalam keterangannya, dikutip Rabu (1/6/2022). 

Mantan Ketua MPR RI itu juga meminta masyarakat untuk mencari capres yang berkomitmen memelihara ideologi bangsa, yaitu Pancasila.

"Harus menjaga Bhinneka Tunggal Ika, menjaga kedaulatan Indonesia," tegas Amien. 

Menurutnya, demokrasi adalah semacam pasar bebas bagi masyarakat di mana setiap orang bisa memilih ide yang ditawarkan setiap capres maupun cawapres. Lebih lanjut, Amien Rais mengusulkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang bertindak sebagai penyelenggara pemilu tak menjadi satu-satunya lembaga yang secara resmi dapat menghitung hasil pemilihan suara.

"Saat ini model pemilihan umum kan KPU, saya usulkan yang menghitung KPU ditambah partai-partai. Partai politik juga banyak yang ahli IT. Itu akan lebih adil dan fair," kata Amien Rais. 


Topik

Politik


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Desi Kris

Editor

A Yahya