Resep Rahasia Atasi Kanker dan Diabetes, Cukup Rutin Minum Turmeric Coffee, Berikut Bahan dan Cara Buatnya

Jun 01, 2022 09:01
Turmeric Coffee (Foto: Healthline)
Turmeric Coffee (Foto: Healthline)

JATIMTIMES - Kanker dan diabetes adalah penyakit berbahaya yang bisa diderita oleh setiap orang. Bahkan, kedua penyakit tersebut adalah penyakit yang mematikan. 

Adapun cara untuk mengobati kanker dan diabetes bisanya harus dengan perawatan dan obat yang khusus. Namun menurut pendakwah dan seorang dokter, dr. Zaidul Akbar kanker dan diabetes bisa diatasi dengan resep rahasia ini.

Resep rahasia untuk mengatasi kanker dan diabetes ini sering disebut dengan turmeric coffee. Turmeric coffee merupakan minuman alami yang terbuat dari kunyit dan gula aren tanpa ada tambahan kopi sama sekali.

Dalam turmeric coffee dr. Zaidul Akbar menyebutkan terkandung asam caffeic (3,4-dihydroxycinnamic acid). Senyawa itu adalah senyawa organik dan antioksidan kuat, yang bisa ditemukan secara alami di berbagai macam tumbuhan.

"Asam caffeic adalah, sejenis polifenol kelas mikronutrien yang dikenal karena sifat antioksidannya. Nutrisi tersebut diklaim memiliki banyak manfaat bagi kesehatan diantaranya kemampuan anti radang, anti kanker, dan antivirus," ujar dr. Zaidul Akbar.

Selain bisa mengatasi kanker dan diabetes, dr. Zaidul Akbar menuliskan jika kandungan asam caffeic pada minuman ini bisa membantu meningkatkan kinerja atlet, dan dianggap penting untuk kesehatan manusia.

"Sumber asam caffeic yang paling umum dalam makanan manusia adalah dari minum kopi. Namun asam caffeic juga ditemukan dalam sayuran, buah-buahan, dan herbal tertentu," kata dr. Zaidul Akbar.

Beberapa contoh makanan yang mengandung asam caffeic yaitu kopi dan kunyit. Terlepas dari namanya, asam caffeic tidak berhubungan dengan kafein.

Asam caffeic merupakan antioksidan yang dikenal membantu mencegah oksidasi molekul lain di dalam tubuh. Asam caffeic juga diklaim mencegah beberapa jenis penyakit sebagai berikut:

- Mengurangi peradangan
- Mencegah kanker
- Mencegah toksisitas yang terkait dengan kemoterapi dan radiasi
- Mencegah diabetes
- Mencegah penuaan dini
- Mencegah penyakit neurodegeneratif, seperti penyakit Parkinson
- Mengurangi kelelahan terkait olahraga

Seperti antioksidan lainnya, dr. Zaidul Akbar menjelaskan asam caffeic bisa membantu meningkatkan kesehatan secara keseluruhan seiring bertambahnya usia.

"Sifat antioksidannya dapat membantu mengurangi kemungkinan terkena kanker, penyakit jantung, dan penyakit usia lanjut lainnya, seperti penyakit Alzheimer," ucap dr. Zaidul Akbar.

Kopi herbal yang berbahan dasar kunyit dan gula aren ini juga bisa membuat kulit tampak lebih muda dengan melindunginya dari kerusakan akibat sinar matahari. Berikut bahan dan cara membuat Turmeric coffee yang bisa mencegah kanker dan juga diabetes.

Bahan yang harus disiapkan:

- 5cm kunyit

- Kopi 1 sdt

- Air 100 cc

- Gula aren secukupnya

Cara membuat:

Haluskan kunyit dan seduh dengan air panas sebanyak 40 ml. Diamkan selama 5 menit agar kandungan dalam kunyit keluar semua.

Kemudian seduh kopi dengan 100 cc air panas lalu diamkan. Siapkan gelas, masukan gula aren secukupnya.

Tuangkan air rebusan kunyit tadi lalu aduk bersama gula aren. Setelah campuran gula aren dan kunyit siap, tuangkan kopi yang sudah diseduh tadi lalu aduk semua bahan. Turmeric coffee pun siap untuk diminum.

"Resep di atas setelah hangat bisa ditambahkan jahe yang sudah digeprek atau air jahe tambahkan secukupnya,"tulis dr. Zaidul Akbar di akun Instagramnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru