Satukan Nusantara, Pemilihan Puteri Heritage 2022 Hadirkan Kain Asli dari Seluruh Indonesia

May 31, 2022 20:56
Founder Puteri Heritage Indonesia 2022 Kelly Manni (tengah atas) saat bersama para desainer yang akan menunjukkan hasil desain gaunnya dalam ajang Pemilihan Puteri Heritage 2022, Selasa (31/5/2022). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)
Founder Puteri Heritage Indonesia 2022 Kelly Manni (tengah atas) saat bersama para desainer yang akan menunjukkan hasil desain gaunnya dalam ajang Pemilihan Puteri Heritage 2022, Selasa (31/5/2022). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Dalam upaya mempersatukan nusantara melalui pengumpulan kain-kain Asli Indonesia yang telah diakui Unesco, Founder Puteri Heritage Indonesia Kelly Manni menggelar Pemilihan Puteri Heritage Indonesia 2022.

Kegiatan Pemilihan Puteri Heritage Indonesia 2022 ini akan digelar mulai tanggal 1 hingga 5 Juni 2022 bertempat di Rooftop Mall Dinoyo. Dalam peragaan busana ini, diikuti oleh 80 desainer dari 34 provinsi dengan menampilkan sekitar 150 model yang memperagakan gaun hingga dress buatan para desainer. Tidak lupa, akan ada kain asli dari 34 provinsi di Indonesia yang telah diakui Unesco. 

Kelly menjelaskan, alasan digelarnya Pemilihan Puteri Heritage Indonesia 2022 yakni dikarenakan perkembangan di era modern yang semakin berkembang melesat. Apalagi saat ini sudah memasuki era 5.0. Hal ini membuat masa depan pendidikan terhadap generasi muda bangsa juga harus menjadi perhatian bersama. 

"Saya mempunyai rasa khawatir perkembangan 5.0, bahkan media sosial yang sangat cepat, saya takut anak muda terkikis adabnya, sikapnya hingga etikanya. Maka dari itu saya memilih tema heritage dengan menghadirkan ratusan busana asli Indonesia," terang Kelly kepada JatimTIMES.com, Selasa (31/5/2022). 

Pihaknya menuturkan, acara Pemilihan Puteri Heritage Indonesia 2022 ini akan membuat anak-anak hingga remaja dapat mempertahankan adab dan budaya asli Indonesia. 

Terlebih lagi, dengan budaya Indonesia yang sangat beragam, lalu adab dari orang-orang Indonesia yang dikenal dengan kesopanan dan kesantunannya, maka sejak usia dini harus diberikan contoh. "Dan Putri Heritage Indonesia ini wadahnya. Itu tujuannya edukasi dan ketika besar orang tua tidak kerepotan," kata Kelly.

Lebih lanjut, pihaknya juga memberikan kepada peserta agar dapat menampilkan busana dengan sentuhan kain asli dari masing-masing daerah yang telah terdaftar sebagai warisan budaya di Unesco. Di mana salah satu syarat warisan budaya yang terdaftar di Unesco yakni 50 tahun keatas. 

Selain itu, dalam kegiatan Pemilihan Puteri Heritage Indonesia 2022 juga melombakan tiga kategori. Yakni kategori anak, remaja hingga dewasa. Untuk kategori anak diikuti 32 peserta, remaja ada 24 peserta dan dewasa 28 peserta.

Dalam kegiatan Pemilihan Puteri Heritage Indonesia 2022, juga didukung oleh sejumlah kementerian. Di antaranya Kementerian Pariwisata, Ekonomi, Kreatif (Kemenparekraf) RI, Kementerian Luar Negeri RI, Kementerian Dalam Negeri RI dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kendikbudristek) RI. 

"Karena tujuan kami juga untuk membangkitkan ekonomi. Kita tahu selama dua tahun kita tidur karena pandemi Covid-19, jadi harapannya ekonomi kreatif, UMKM, designer, pembatik, hingga penenun bisa bangkit," terang Kelly.

Nantinya, jika telah terpilih Puteri Heritage 2022 di masing-masing kategori akan melakukan audiensi dengan beberapa kementerian. Kemudian melakukan kunjungan ke-34 provinsi yang ada di Indonesia untuk lebih mengenalkan budaya antar daerah di Indonesia. 

Lalu pemenang Puteri Heritage juga akan membantu Kemenparekraf RI dan Kementerian Luar Negeri RI untuk mempromosikan budaya dan adat Indonesia ke dalam hingga luar negeri.

"Nanti ada expo besar yang melibatkan tamu-tamu mancanegara. Itu kerjasama dengan Kemenlu dan Kemendagri. Makanya besok kementerian juga akan hadir dan nanti tujuannya juga untuk berangkat ke luar negeri juga," pungkas Kelly. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
puteri heritage indonesiapemilihan puteri heritageputeri heritage

Berita Lainnya

Berita

Terbaru