Momentum Hari Lansia Nasional, Wawali Sofyan Edi Resmikan Pusat Aktivitas Lansia Tanjung Mas Sejahtera

May 31, 2022 19:47
Wakil Walikota Malang Sofyan Edi Jarwoko saat meresmikan Pusat Aktivitas Lansia Tanjung Mas Sejahtera di Kelurahan Bakalankrajan, Kecamatan Sukun, Kota Malang, Selasa (31/5/2022). (Foto: Humas Pemkot Malang)
Wakil Walikota Malang Sofyan Edi Jarwoko saat meresmikan Pusat Aktivitas Lansia Tanjung Mas Sejahtera di Kelurahan Bakalankrajan, Kecamatan Sukun, Kota Malang, Selasa (31/5/2022). (Foto: Humas Pemkot Malang)

JATIMTIMES - Pada momentum Hari Lanjut Usia (Lansia) Nasional, Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko meresmikan Pusat Aktivitas Lansia Tanjung Mas Sejahtera yang terletak di wilayah RW 07, Kelurahan Bakalankrajan, Kecamatan Sukun, Kota Malang. 

Hadir dalam peresmian tersebut Camat Sukun Widi E Wirawan, Lurah Bakalankrajan Johan Fuaddy, Ketua I TP PKK Kota Malang Elly Sofyan Edi, Branch Manager Rumah Zakat Malang Yoki Hidayat, Pengurus Komda Lansia Kota Malang, serta jajaran instansi terkait lainnya.

Pria yang akrab disapa Bung Edi ini menuturkan, diresmikannya Pusat Aktivitas Lansia Tanjung Mas Sejahtera merupakan bentuk kepedulian terhadap lansia. Peresmian ini pula merupakan upaya dalam mewujudkan Kota Malang sebagai Kota Ramah Lansia

"Disini nanti pusat aktivitasnya lansia, ada gazebo juga. Luar biasa, lansia bisa bersantai, bisa untuk senam, bisa berkebun juga di dekat sini," ungkap Bung Edi, Selasa (31/5/2022). 

Bung Edi yang juga menjabat sebagai Ketua Komda Lansia Kota Malang mengapresiasi kepedulian berbagai pihak yang turut terlibat dalam menghadirkan Pusat Aktivitas Lansia Tanjung Mas Sejahtera. 

"Kita semua bersyukur, senang sekali ada peran serta dari berbagai pihak yang berkolaborasi dan diresmikannya ini, Pusat Aktivitas Lansia Tanjung Mas Sejahtera," ujar Bung Edi. 

Wakil Walikota Malang Sofyan Edi Jarwoko berfoto bersama.

Menurutnya, adanya Pusat Aktivitas Lansia Tanjung Mas Sejahtera ini menjadi bentuk kesadaran dan kepedulian bersama terhadap lansia. Dengan harapan dapat meningkatkan kesehatan, kemandirian, maupun kesejahteraan lansia di Kota Malang.

"Yang penting kegiatan lansia ini dilakukan dengan senang hati, enteng, dan positif. Sehingga tanpa terasa lansia ini semakin produktif dan sehat, sehingga usianya juga semakin panjang," tutur Bung Edi. 

Lebih lanjut, pihaknya berharap kegiatan semacam ini dapat diimplementasikan di kelurahan maupun kecamatan lain. Sehingga, semakin mendukung terwujudnya Kota Malang sebagai Kota Ramah Lansia.

"Kalau itu dilakukan di seluruh kecamatan, maka Kota Malang akan menjadi kota ramah lansia. Menjadi kota yang nyaman bagi lansia. Sehingga lansia ini merasa berada di rumahnya sendiri," tandasnya.

Untuk diketahui, Pusat Aktivitas Lansia Tanjung Mas Sejahtera ini merupakan wujud kerja sama antara Kelurahan Bakalankrajan dengan Rumah Zakat Kota Malang yang juga melibatkan berbagai komunitas masyarakat setempat.

Sementara itu, Lurah Bakalankrajan Johan Fuaddy, menyebut kesehatan dan kesejahteraan lansia di Kelurahan Bakalankrajan telah menjadi perhatian khusus. Komitmen ini diwujudkan melalui kolaborasi dengan perusahaan. 

Selain itu, sebagaimana Memorandum of Understanding (MoU) yang telah telah dilaksanakan oleh Kelurahan Bakalankrajan dengan Rumah Zakat sejak tahun 2021 hingga saat ini terus berjalan.

"Di tahun ini kita fokus, seperti Kelas Lansia di RW 04, serta di RW 07 ini ada kegiatan Pusat Aktivitas Lansia. Untuk itu kami ucapkan terima kasih setinggi-tingginya yang telah membantu dan mempersiapkan acara ini. Serta berkomitmen terus untuk peduli dan perhatian kepada lansia se-Kelurahan Bakalankrajan," pungkas Johan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru