Identitas Pembuang Bayi Baru Lahir di Tepi Jalan Songgoriti Berhasil Diungkap, Ini Alasannya

May 31, 2022 16:47
Kasat Reskrim Polres Batu AKP Yusi Purwanto saat melihat kondisi bayi di RS Hasta Brata. (Foto: Humas Polres Batu)
Kasat Reskrim Polres Batu AKP Yusi Purwanto saat melihat kondisi bayi di RS Hasta Brata. (Foto: Humas Polres Batu)

JATIMTIMES - Beberapa saat lalu warga Dusun Songgoriti, Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu dihebohkan dengan ditemukannya bayi laki-laki pada Minggu (29/5/2022). Polres Batu pun langsung mendalami kasus tersebut, kedua orangtua bayi tersebut pun berhasil diungkap.

Motif kedua orangtua membuang bayi tersebut lantaran bingung dan takut. Kedua orang yang masih diperiksa sebagai saksi ini yakni HDC (23) warga Kota Malang dan IWD (20) warga Kabupaten Malang.

Keduanya diamankan di sebuah vila di Songgoriti. Saat itu ibu dari bayi tersebut masih menjalani perawatan pasca melahirkan.

Kasat Reskrim Polres Batu AKP Yusi Purwanto mengatakan, kebingungan dan takut dirasakan setelah bayi itu lahir lantaran, kedua orangtua bayi tersebut belum menikah. Ditambah faktor ekonomi menjadi alasan membuang bayi mereka.

“Alasan mereka membuang bayinya karena belum menikah juga takut sama orang tuanya,  dan tidak mampu. Faktor itu-lah yang mendorong mereka untuk membuang bayi mereka,” ucap Yusi.

Selanjutnya Satreskrim Polres Batu bakal melakukan penyelesaian kasus melalui Restorative Justice, tapi akan ada asesmen terlebih dahulu. “Kita juga akan pertemukan pasangan tersebut dengan didampingi orangtuanya,” imbuh Yussi.

“Semua itu demi menegakkan nilai kemanusian serta memberikan kepastian siapa nanti yang merawat bayi itu. Kan, lebih baik dirawat orang tuanya,” tambah mantan Kasat Reskoba Polres Batu ini.

Sebelumnya bayi laki-laki ditemukan warga terbungkus plastik di bawah pohon tepat di tepi jalan. Bayi itu ditemukan tengah menangis dalam kondisi membiru oleh anak-anak yang tengah berlatih sepeda.

Mendapati informasi tersebut, bayi yang ditemukan dalam kondisi membiru tersebut langsung dibawa ke Rumah Sakit Hasta Brata.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Penemuan Bayipenemuan bayi di batuPembuang BayiPembuangan Bayi

Berita Lainnya

Berita

Terbaru