Wisuda Semester Ganjil 2021/2022, Rektor Unikama Beri Wejangan Penting para Wisudawan

May 30, 2022 11:34
Rektor Unikama Dr Pieter Sahertian saat memberikan apresiasi kepada salah satu mahasiswa lulusan terbaik (Ist)
Rektor Unikama Dr Pieter Sahertian saat memberikan apresiasi kepada salah satu mahasiswa lulusan terbaik (Ist)

JATIMTIMES - Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama) menyelenggarakan wisuda luring Semester Ganjil Tahun Akademik 2021-2022, Sabtu (28/9/2022). Ini menjadi hal yang menggembirakan setelah sekian lama pelaksanaan wisuda sebelumnya digelar secara online.

Dalam wisuda tersebut, Wakil Ketua MPR RI Dr Ahmad Basarah memberikan orasi ilmiah diikuti dengan launching book chapters untuk tahun kedua Unikama yang bertajuk "Sains, Peradaban dan Kebahagiaan (Tantangan Perguruan Tinggi Untuk Pendidikan yang Menyejahterakan)".

Selain itu, Rektor Unikama Dr Pieter Sahertian MSi menyampaikan wejangan penting kepada 388 wisudawan yang hadir. Terdapat lima hal penting yang harus dipegang teguh oleh para wisudawan dalam mengarungi kehidupan ke depan. Lima hal tersebut yakni, kebenaran, keunggulan, kearifan, kerendahan hati, dan terakhir peluang.

4

"Janganlah pernah berhenti mencari kebenaran dan terus berupaya mencapai keunggulan dan ubahlah tantangan menjadi peluang, karena dengan demikian kita akan bertumbuh dalam pengetahuan, kearifan, dan kerendahan hati," tegas Pieter.

Selaras dengan tema wisuda, 'Unggul di Era Disrupsi denga Tetap Arif dan Rendah Hati', Unikama terus berusaha meningkatkan kualitas pendidikan dan sumberdaya yang ada.

1

Unikama terus melakukan dan menjalin kerjasama dengan berbagai pihak, baik dalam maupun luar negeri. Sampai saat ini, Unikama telah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dan Memorandum of Agreement (MoA) dengan 28 kampus.

"Ada 4 kampus luar negeri yang sebentar lagi juga akan melakukan MoU. MoU juga terjalin dengan instansi pemerintah maupun swasta," tuturnya.

2

Pihaknya berharap, ilmu yang telah didapatkan selama menempuh studi dapat bermanfaat untuk masyarakat serta bangsa dan negara. Di sisi lain, pihaknya menegaskan agar terus berupaya menciptakan peluang, sebagai upaya untuk terus tumbuh lebih baik lagi untuk menyosong masa depan.

"Kita harus terus berupaya menciptakan peluang, bertumbuh lebih baik lagi dan tidak ragu merangkul perbedaan. Karena kita semua belajar dari perbedaan," paparnya.

3

Wisuda kali ini dikuti oleh 388 wisudawan. Terdiri dari 365 mahasiswa dari program Strata I (S1), yang terbagi beberapa prodi. Dari Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) 134 mahasiswa, Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) sebanyak 83 mahasiswa dan dari Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) ada 65 mahasiswa.

Kemudian Fakultas Sains dan Teknologi (FST) sebanyak 62 mahasiswa,  Fakultas Hukum (FH) sebanyak 12 mahasiswa, Fakultas Peternakan (Fapet) sebanyak 9 mahasiswa.  Terakhir dari program Pascasarjana Strata II (S2) sebanyak 23 mahasiswa.

5

Sementara itu, dalam Wisuda Sarjana dan Pascasarjana Semester Ganjil Tahun Akademik 2021-2022, dari 388 wisudawan telah terpilih lulusan terbaik dari masing-masing prodi. Lulusan terbaik Sarjana jenjang S1 diraih oleh Evi Kurnia Wati dari Fakultas Hukum (FH) dengan IPK 3,89, Damaris Trajuningsih dari Fakultas Ilmu Pendidikan dengan IPK 3,89, Lia Maulani dari Fakultas Bahasa dan Sastra dengan IPK 3,88.

Kemudian, wisudawati dari Fakultas Sains dan Teknologi Agnes Putri Ayu Wanlin meraih IPK 3,83, Nur Agustin Rosydatul Aini dari Fakultas Ekonomika dan Bisnis dengan IPK 3,82, Yunanta Pratama dari Fakultas Peternakan meraih  IPK 3,81. Dari jenjang Pascasarjana jenjang S2, Alfi Lailatun Nikmatul Iza dari Program Studi (Prodi) Magister Pendidikan Bahasa Inggris menjadi lulusan terbaik dengan IPK 3,83.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Universitas PGRI Kanjuruhan Malangwisuda unikama 2021 2022Rektor Unikama

Berita Lainnya

Berita

Terbaru