Wacana Presiden 3 Periode Kembali Mencuat, Pengamat: Hanya Tafsiran Genit

May 30, 2022 09:16
Presiden Joko Widodo (Foto: kemlu.go.id)
Presiden Joko Widodo (Foto: kemlu.go.id)

JATIMTIMES - Wacana presiden 3 periode kini kembali mencuat. Hal itu berawal dari tafsiran Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari. Pasalnya, M Qodari menyebut bahwa perpanjangan masa jabatan presiden 3 periode masih berpeluang berlanjut.

Penafsiran tersebut lantas ditanggapi oleh Pengamat politik Adi Prayitno. Adi mengatakan seluruh pintu untuk masa jabatan Presiden Joko Widodo (Jokowi0 diperpanjang menjadi 3 periode sudah tertutup. 

Artinya, Jokowi tidak akan jadi presiden 3 periode. Bahkan, adi menyebut bahwa apa yang dikatakan M Qodari merupakan tafsiran 'genit'.

"Saya kira itu hanya tafsiran genit yang tak memungkinkan Jokowi 3 periode maju kembali," kata Adi.

Lebih lanjut Adi menjelaskan seluruh partai politik sudah sepakat bahwa tidak lagi membahas amandemen UUD 1945.

"Jokowi jelas menolak maju kembali. Tafsir tiga periode Jokowi sebatas iseng-iseng," tambah Adi.

Sebelumnya, pernyataan Presiden Jokowi saat acara Rakernas V Projo di Magelang, Jawa Tengah, ditanggapi berbeda oleh M Qodari. Saat acara di Magelang, Jokowi mengimbau sukarelawan agar tidak terburu-buru dalam menentukan sikap dan dukungan kepada salah satu tokoh di Pilpres 2024. 

Jokowi menyampaikan 'kode' bahwa boleh jadi tokoh yang akan dijagokan mendatang oleh Projo untuk maju pada Pilpres mendatang adalah orang yang hadir di acara Rakernas V.

"Saya mengatakan sesungguhnya pidato Pak Jokowi itu, calon yang akan kalian dukung (Projo), ya, saya (Jokowi). Kami semangat betul itu mendengar pidato itu," ujar penggagas Gerakan Komunitas Jokowi-Prabowo (Jokpro) 2024 tersebut, Sabtu (28/5/2022).

M Qodari lantas menafsirkan apa yang disampaikan Jokowi sebagai sinyal bahwa usulannya terhadap perpanjangan masa jabatan presiden 3 periode masih punya peluang berlanjut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Pilpres 2024JokowiM Qodaribatu gamping

Berita Lainnya

Berita

Terbaru