Resmikan Kantor BUMDes Karya Maju, Bupati Sanusi: Jalankan Secara Profesional

May 29, 2022 19:09
Bupati Malang HM. Sanusi saat meresmikan Kantor BUMDes Karya Maju.(Foto: Istimewa.)
Bupati Malang HM. Sanusi saat meresmikan Kantor BUMDes Karya Maju.(Foto: Istimewa.)

JATIMTIMES - Bupati Malang HM. Sanusi meresmikan Kantor Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Karya Maju Desa Kasembon, Kecamatan Kasembon, Minggu (29/5/2022). Selaras dengan namanya yakni Karya Maju, Sanusi berharap bahwa BUMDes ini bisa membawa Desa Kasembon menjadi maju dan mandiri. 

Terlebih dirinya menilai bahwa desa menjadi salah satu ujung tombak pembangunan. Di mana, di dalam pelaksanaannya, pemerintah juga terus melakukan upaya untuk mendorong perekonomian desa, seperti melalui penyaluran program Dana Desa (DD) dam program pengembangan BUMDes. 

Mengacu pada Permendesa PDT dan Transmigrasi No. 4 Tahun 2015, keberadaan BUMDes bertujuan untuk perekonomian desa, mengoptimalkan aset desa, dan meningkatkan usaha masyarakat dalam pengelolaan potensi ekonomi desa. Serta sebagai sarana mengembangkan rencana kerja sama usaha antar desa atau dengan pihak ketiga. 

Selain itu juga menciptakan peluang dan jaringan pasar yang mendukung kebutuhan layanan umum warga, membuka lapangan kerja, meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui perbaikan pelayanan umum, pertumbuhan dan pemerataan ekonomi desa, dan meningkatkan pendapatan masyarakat dan Pendapatan Asli Desa (PADes).

"BUMDes menjadi pilar kegiatan ekonomi di desa yang berfungsi sebagai lembaga sosial dan komersial. Prinsip efisiensi dan efektivitas harus selalu ditekankan dalam menjalankan usahanya. Pendirian BUMDes pun harus berorientasi pada kepemilikan bersama Pemerintah Desa dan masyarakat. Tidak hanya memberikan manfaat finansial berupa pajak, pendapatan asli desa tetapi juga manfaat ekonomi secara luas seperti membuka lapangan kerja, ekonomi berkelanjutan," ujar Sanusi. 

Dirinya juga berharap agar seluruh pengurus BUMDes Karya Maju bisa melaksanakan aktivitasnya secara profesional dan fleksibel. Di mana hal tersebut tentunya juga diproyeksikan dapat meningkatkan produktivitas masyarakat desa sekaligus mengembangkan usaha riil BUMDes sehingga dapat menyerap tenaga kerja lebih besar dan meningkatkan pendapatan.

Di mana selain pendapatan jasa dari usaha pinjam, usaha riil juga bisa memicu pertumbuhan sektor informal lainnya serta dapat mendorong kreativitas jiwa kewirausahaan masyarakat dalam berkarya. 

"Di samping itu, usaha-usaha riil yang dibentuk oleh BUMDes Karya Maju selayaknya disesuaikan dengan potensi yang ada di Desa Kasembon. Sehingga dapat memaksimalkan keunggulan dan keuntungan yang akan berdampak pada masyarakat sekitar, serta dapat dijadikan sumber penghasilan bagi masyarakat yang mengelola usaha-usaha BUMDes,” pungkas Sanusi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru