Zona III Kayutangan Heritage Bakal Kian Indah dengan Warna-warni Tabebuya

May 28, 2022 18:58
Salah satu kawasan zona III Kayutangan Heritage. (foto: Hendra Saputra/JatimTIMES)
Salah satu kawasan zona III Kayutangan Heritage. (foto: Hendra Saputra/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Kawasan Kayutangan Heritage bakal semakin berhias indahnya pohon tabebuya. Itu karena belasan pohon yang terkena perempesan untuk menunjang pembangunan zona III Kayutangan Heritage nantinya akan diganti dengan tabebuya.

Belasan pohon yang dilakukan perempesan itu berada di sekitaran Patung Chairil Anwar hingga depan Sarinah. Lokasi tersebut masuk dalam kawasan zona III Kayutangan Heritage.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang Wahyu Setianto mengatakan bahwa belasan pohon tersebut nantinya akan diganti dengan pohon baru. Pohon baru itu berjenis tabebuya, yang diharapkan dapat memperindah kawasan Kayutangan Heritage.

“Iya kami  ganti pohon tabebuya biar warna-warni, sama seperti di xona II dan zona I Kayutangan Heritage,” ujar Wahyu.

Pohon pengganti berjenis tabebuya tersebut rencananya akan ditanam lebih banyak dibandingkan pohon yang sebelumnya telah dilakukan perempesan di kawasan zona III Kayutangan Heritage. Hal itu juga akan membuat mata pengunjung Kayutangan Heritage lebih segar karena indahnya pohon warna-warni itu.

“Itu nanti (pohon yang ditebang) akan diganti Pemkot Malang dengan menggunakan dana APBD. Ya mungkin bisa lebih banyak dari 18 pohon yang ditebang. Biar kelihatan rimbun,” kata Wahyu.

Selain pohon tabebuya, DLH Kota Malang rencananya bakal memasang lampu hias dan kursi kawasan zona III Kayutangan Heritage. “Jadi, sama seperti di Zona I dan II ya. Ada lampu, pohon tabebuya dan kursi-kursi untuk memanjakan masyarakat yang hendak berkunjung,” terang Wahyu.

Namun, Wahyu belum bisa memberikan kepastian berapa jumlah pohon tabebuya dan lampu hias yang akan diletakkan di kawasan Zona III Kayutangan Heritage. Sebab, masih akan dibuatkan detail engineering design (DED) terlebih dahulu.

“Kita akan buat DED dulu tahun 2022. Nanti DED selesai, baru tahun 2023 awal mulai kita pengaturan di situ (zona III Kayutangan Heritage). Jadi, jumlah dan anggaran masih belum tahu. Nunggu DED dulu,” tutup Wahyu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota MalangKayutangan Heritagepohon tabebuyakayutangan heritage malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru