Dapat Jatah Tambahan, 80 CJH Asal Kota Batu Bakal Naik Haji Tahun ini

May 27, 2022 20:08
CJH saat pembukaan manasik haji diselenggarakan di gedung Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Jalan Sultan Agung, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jumat (27/5/2022).
CJH saat pembukaan manasik haji diselenggarakan di gedung Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Jalan Sultan Agung, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jumat (27/5/2022).

JATIMTIMES - Sebanyak 80 Calon jamaah haji (CJH) asal Kota Batu akan menunaikan ibadah haji tahun ini. Seluruhnya akan berangkat ke tanah suci Kota Makkah setelah adanya kebijakan baru dari Pemerintah Arab Saudi.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Batu, Imam Turmudi mengungkapkan, semula ada 78 CJH yang tercatat hendak berangkat ke tanah suci. Namun kemudian ada dua tambahan dari kuota cadangan, sehingga total yang akan melaksanakan perjalanan haji ada 80 orang. CJH tersebut akan menunaikan ibadah dengan masuk kloter keberangkatan 20.

“Tidak ada CJH yang mundur,” katanya.

Dijelaskannya, jumlah CJH yang berangkat dari Kota Batu sebelumnya tercatat sebanyak 168 orang. “Tapi yang melunasi 80 orang," ujar Imam.

Keberangkatan kloter 20 sendiri direncanakan berangkat pada 17 Juni 2022 mendatang. Sehari sebelumnya, mereka masuk Asrama Haji Sukolilo di Surabaya, 16 Juni 2022.

Karena itu, 80 CJH Kota Batu mulai mengikuti rangkaian acara manasik haji untuk keberangkatan haji tahun 2022. Acara pembukaan manasik haji diselenggarakan di gedung Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Jalan Sultan Agung, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jumat (27/5/2022).

Persiapan pemberangkatan jamaah haji kota Batu sudah mencapai 100 persen. Meski demikian pelatihan manasik haji adalah merupakan hak dari jamaah yang sudah memiliki porsi berangkat dan terpanggil.

Pada pembukaan ini, materi yang diberikan adalah tentang kebijakan, manasik haji, dan lain sebagainya. Juga diberikan materi tentang kesehatan dari Dinas Kesehatan Kota Batu Batu.

“Mereka kali ini juga akan mendapatkan materi tentang protokol kesehatan dari Dinkes Kota Batu,” tutup Imam.

Sementara itu, tahun ini Indonesia hanya mendapatkan kuota 100.151 calon jemaah haji. Sementara Provinsi Jawa Timur mendapatkan kuota 16 ribu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Kota BatuJamaah Haji Kota BatuCalon Jamaah HajiKemenag Kota Batu

Berita Lainnya

Berita

Terbaru