3 Tips Ampuh Cegah Serangan Jantung di Usia Muda Ala dr. Clarin Hayes

May 27, 2022 08:19
Ilustrasi (Foto: cityspidey.com)
Ilustrasi (Foto: cityspidey.com)

JATIMTIMES - Penyakit degeneratif seperti jantung, kolesterol, dan hipertensi, bukan tidak mungkin bisa menyerang orang-orang di usia yang masih cukup muda. Seperti diketahui penyakit jantung termasuk salah satu penyakit yang mematikan. 

Menurut dr. Clarin Hayes serangan jantung atau henti jantung ini tidak bisa dihindari karena prosesnya yang begitu cepat. Akan tetapi yang bisa dihindari dari serangan jantung yaitu proses perjalanan penyakitnya hingga terjadi serangan jantung.

Untuk cara mencegah serangan jantung, dr. Clarin Hayes yang merupakan dokter sekaligus beauty influencer mengatakan bahwa setidaknya ada 3 cara untuk mencegah serangan jantung di usia muda.

Cara pertama yang disarankan dr. Clarin Hayes yaitu mengendalikan tekanan darah, kolesterol, trigliserida, dan gula darah.

"Tekanan darah tinggi, adalah faktor utama penyebab penyakit jantung, karena bisa menyebabkan komplikasi yaitu hipertensive heart disease," jelas dr. Clarin Hayes seperti yang dikutip dari video di kanal YouTube Clarin Hayes, Jumat (27/5/2022). 

Kadar kolesterol yang tinggi bisa menyumbat arteri dan dapat meningkatkan resiko terkena penyakit arteri koroner, bahkan serangan jantung.

Adapun trigliserida adalah jenis lemak lain dalam darah yang masuk melalui makanan berlemak. Hal tersebut bisa meningaktkan resiko penyakit jantung koroner terutama pada wanita.

Cara kedua, pilih makanan yang sehat, makanan yang bisa mengurangi resiko terkena penyakit jantung dan stroke. Makanan sehat yang dianjurkan dr. Clarin Hayes seperti makanan rendah lemak jenuh, lemak trans, dan natrium atau garam.

"Lalu perbanyak makanan tinggi serat, seperti buah-buahan, biji-bijian, kacang-kacangan dan sayuran," kata dr. Clarin Hayes.

Untuk yang suka mengkonsumsi daging, disarankan untuk memilih daging rendah lemak tanpa kulit. Kurangi juga makanan dan minuman manis tinggi gula, daging merah, telur puyuh, seafood serta makanan tinggi kolesterol lainnya.

Cara terakhir yakni lakukan aktivitas fisik yang cukup seperti olahraga, karena olahraga ini sangat bermanfaat sekali untuk kesehatan.

"Baik untuk kesehatan jantung, meningkatkan sirkulasi tubuh, mempertahankan berat badan ideal, serta menurunkan kolesterol dan tekanan darah," saran dr. Clarin Hayes.

Olahraga bisa dilakukan setiap minggu setidaknya 150 menit dengan aktivitas fisik intensitas sedang seperti jalan cepat, aerobik, berlari, atau bisa kombinasi keduanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
sakit jantungobat sakit jantungEmmeril Khan Mumtadz

Berita Lainnya

Berita

Terbaru