Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

UTBK Gelombang Pertama Selesai, Peserta Absen di UB 807 dan UM 1.183

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

26 - May - 2022, 18:21

Ilustrasi peserta UTBK (pixabay)
Ilustrasi peserta UTBK (pixabay)

JATIMTIMES - Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)  gelombang pertama telah selesai dilaksanakan. UTBK SBMPTN gelombang pertama dilaksanakan pada tanggal 17-23 Mei 2022. 

Dalam UTBK SBMPTN gelombang pertama di Universitas Brawijaya (UB),  tingkat kehadiran mencapai 17.792 peserta atau sekitar 95,66 persen. Jumlah peserta yang terdaftar pada gelombang pertama di UB sebanyak 18.599 peserta. 

Artinya, ada ketidakhadiran peserta UTBK SBMPTN yang jumlahnya cukup banyak. Tingkat ketidakhadiran dari 500 peserta.  "Yang tidak hadir ada sekitar 807 peserta," papar Heri Prawoto Widodo, koordinator UTBK UB.

Lebih lanjut dijelaskan, alasan ketidakhadiran 807 peserta UTBK tersebut belum diketahui pasti. Sebab, tidak terdapat informasi yang diberikan para peserta.  Sehingga, dengan ketidakhadiran tersebut, maka otomatis para peserta gugur dalam UTBK. “Tidak ada informasi (pemberitahuan kepada panitia UTBK),” kata Heri.
 
Selain  yang gugur dalam UTBK karena absen saat ujian, mereka yang terlambat juga harus menerima nasib yang sama. Keterlambatan peserta UTBK, meskipun hanya dua sampai lima menit, hal tersebut tidak bisa ditoleransi. Hal ini karena telah terdapat aturan yang telah ditetapkan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Bukan hanya peserta yang melaksanakan UTBK di UB. Ketidakhadiran peserta UTBK SBMPTN juga terjadi pada pelaksanaan UTBK SBMPTN di Universitas Negeri Malang (UM). 

Di UM, jumlah peserta yang hadir mencapai 14.142 peserta. Sedangkan jumlah peserta yang tidak hadir dalam UTBK UM mencapai 1.183 peserta. 


Topik

Pendidikan


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Sri Kurnia Mahiruni