Peringatan Cuaca Ekstrem di Jatim, BPBD: Ancaman Banjir di Kabupaten Malang Sedang ke Tinggi

May 26, 2022 17:36
Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Malang Sadono Irawan. (Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).
Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Malang Sadono Irawan. (Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).

JATIMTIMES - Sejumlah wilayah di Jawa Timur mendapat peringatan dini atas kemungkinan terjadinya cuaca ekstrem yang dikeluarkan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). BMKG meminta  sejumlah daerah  waspada akan kemungkinan terjadinya hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai angin kencang sesaat. Peringatan dini tersebut sejak 26 Mei hingga 28 Mei 2022.

Salah satu daerah yang termasuk dalam peringatan dini tersebut adalah Kabupaten Malang. Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang Sadono Irawan menyebut peringatan dini tersebut masih berstatus waspada. 

"Masih waspada, belum siaga atau awas. Untuk perkembangan di lapangan, masih dalam pantauan rekan BPBD dan rekan relawan di daerah. Peringatan dini itu keluarnya tiga harian," ujar Sadono, Kamis (26/5/2022).

Di sisi lain, jika mengacu pada peta rawan bencana dan kajian risiko bencana, Kabupaten Malang mempunyai tingkat kerawanan yang sedang hingga tinggi untuk jenis ancaman banjir. Sedangkan selain banjir, Kabupaten Malang juga menjadi salah satu daerah dengan potensi bencana terlengkap. 

Hal tersebut  dipengaruhi  kondisi geografis Kabupaten Malang yang juga beragam. Mulai dari dataran tinggi dengan tebing dan perbukitan hingga kawasan pesisir yang garis pantainya berbatasan langsung dengan Laut Selatan yang terkenal gelombangnya sangat ganas.

"Kajian risiko bencana itu diperharui selama 5 tahun sekali. Menyesuaikan kapasitas dan kerentanan setiap daerah. Semakin meningkat kapasitasnya dan menurun kerentanannya, maka akan semakin turun risikonya," terang Sadono. 

Sebagai informasi, berdasarkan peta rawan bencana BPBD Kabupaten Malang, ada sejumlah kecamatan di Kabupaten Malang yang memiliki risiko terjadi bencana banjir. Yakni Kecamatan Ngantang, Kromengan, Sumberpucung, Kalipare, Donomulyo, Sumbermanjing Wetan, Turen, Lawang, Singosari, Pakis, Tumpang, Ampelgading, Gondanglegi, Kepanjen.

Sedangkan untuk bencana longsor, juga ada sejumlah kecamatan yang memiliki risiko terjadi. Dan, kecamatan yang rawan  bencana longsor didominasi oleh daerah yang memiliki kondisi geografis  berbukit-bukit.  Yakni Kecamatan Jabung, Wajak, Poncokusumo, Ampelgading, Tirtoyudo, Dampit, Sumbermanjing Wetan, Gedangan, Bantur, Pagak, Donomulyo, Kalipare, Wagir, Dau, Pujon, Ngantang, Kasembon. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
cuaca ekstremBMKGBPBD Kabupaten MalangBerita Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru