Perkuat Imun CJH Saat Ibadah, RSI Unisma Layani Vaksinasi Influenza

May 24, 2022 19:59
Para calon jemaah haji yang mengikuti vaksinasi influenza yang dilakukan oleh RSI Unisma Malang dan Dinkes Kota Malang (Ist)
Para calon jemaah haji yang mengikuti vaksinasi influenza yang dilakukan oleh RSI Unisma Malang dan Dinkes Kota Malang (Ist)

JATIMTIMES - Rumah Sakit Islam (RSI) Unisma memberikan pelayanan Vaksinasi Influenza terhadap calon jamaah haji dari Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Kota Malang sebanyak kurang lebih 155 orang.

155 calon jamaah haji tersebut berasal dari 15 KBIH yang ada di Kota Malang, diantaranya dari Al-Hikam, Sabilillah, At-Tawabin, Nurul Ulum, Ulil Absor, Il Tizam, Unibraw, JABAL Rohmah, Al Falah, An-Nur, RSSA, Al Rifai, Armina, Arofah, dan Mandiri.

dr Fifin Pradina D, SP THT-KL Manager Pelayanan Medis dan Ketua Satker RSI Unisma menyampaikan, memang untuk vaksinasi ini merupakan anjuran bagi jamaah agar dilakukan vaksin influenza sebelum berangkat.

"Kami diberikan amanah, mandat untuk melaksanakan itu. Sebenarnya jamaahnya banyak ada sekitar 500-an. Namun karena ini hanya anjuran yang vaksin hanya 155," paparnya, Selasa (24/5/2022).

Lebih lanjut dijelaskannya, vaksin Influenza tentunya masih ada kaitannya dengan pandemi Covid-19. Hal ini semakin memberikan proteksi yang lebih kepada para calon jamaah haji. 

"Sehingga, ketika nantinya menjalankan ibadah bisa dengan lancar. Tidak ada kendala penyakit dan kembali ke Tanah Air dengan selamat," terangnya.

Dalam kegiatan vaksinasi influenza terhadap calon jamaah haji, RSI Unisma menurunkan 4 dokter vaksinator bersertifikasi, perawat dan ada juga dari dokter Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang.

"4 dokter ini memiliki kompetensi karena telah dilatih untuk melakukan vaksinasi," jelasnya.

Untuk ke depannya, disampaikan Fifin, jika RSI Unisma selalu welcome dalam menjalan kerjasama. Tahap selanjutnya kegiatan vaksinasi serupa akan dilakukan, namun kemungkinan tidak dengan Kota Malang tapi untuk wilayah Kabupaten Malang.

"Mungkin entah Kabupaten Malang atau luar daerah lainnya yang berangkatnya masih kloter selanjutnya kami persilahkan saja," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
RSI Unismadugaan tindak pidana terorismeCalon Jamaah Haji Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru