6 Bulan Rusak Pasca Disapu Banjir, Jembatan Sengkaling Mulai Diperbaiki

May 24, 2022 19:44
Proses awal perbaikan jembatan Sengkaling.(Foto: Istimewa).
Proses awal perbaikan jembatan Sengkaling.(Foto: Istimewa).

JATIMTIMES - Jembatan di Desa Tegalgondo yang menjadi alternatif warga antara Kecamatan Dau dan Karangploso mulai diperbaiki, Selasa (24/5/2022). Jembatan yang tepatnya berada di sebelah barat Taman Rekreasi Sengkaling tersebut nyaris ambrol akibat terjangan banjir bandang dari arah Kota Batu pada 4 November 2021 lalu. 

Sementara itu sebelumnya, perbaikan jembatan tersebut memang menunggu datangnya musim kemarau. Hal tersebut lantara jika perbaikan dilakukan pada musim penghujan, maka dikhawatirkan arus sungai yang mengalir di bawah jembatan tersebut kembali deras. Dikhawatirkan mengganggu proses perbaikan. 

"Dimulai hari ini dengan dropping material. Perbaikan besi utama plat besi dan perbaikan retak pada beton," ujar Bagus Setiawan, Pekarya Dinas PUSDA Provinsi Jawa Timur, Selasa (24/5/2022).

Untuk sementara waktu, lalu lintas jembatan yang dilalui warga dengan jembatan darurat ditutup. Mengingat, agar perbaikan bisa berlangsung efektif. Sedangkan biasanya, setelah jembatan tersebut tersapu banjir, sejumlah masyarakat masih dapat melaluinya dengan berjalan kaki. Karena bagian jembatan yang rusak telah diperbaiki secara swadaya oleh masyarakat setempat dengan menggunakan bambu. 

Menurut Bagus, rancangan perbaikan bangunan dan badan jembatan sudah selesai beberapa bulan sebelumnya. Namun, baru sekarang dilakukan karena cuaca mulai kondusif.

"Perbaikan dilakukan melihat cuaca sudah relatif lebih aman. Untuk penentuan anggaran dari pimpinan sudah selesai semua," imbuhnya. 

Dirinya belum dapat memastikan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk proses perbaikan jembatan tersebut. Hanya saja jika cuaca terus kondusif, pekerjaan perbaikan tersebut idealnya diperkirakan dapat rampung dalam waktu 1 hingga 2 bulan. 

"Kami berharap bisa secepatnya selesai. Karena dampaknya pada operasional pengairan dan lalu lintas alternatif warga," terangnya.

Sementara itu, dalam perbaikan tersebut konstruksi badan jembatan diperkirakan kembali seperti kondisi semula sebelum disapu aliran banjir. Sebagai informasi, bangunan tersebut sebenarnya adalah titian yang difungsikan mempermudah mobilitas petugas pintu air dalam mengontrol ketinggian air. 

Namun seiring berkembangnya zaman, bangunan tersebut akhirnya difungsikan masyarakat setempat sebagai lalu lintas. Ke depannya akan diberlakukan batasan kendaraan yang melintas untuk meminimalisir beban lebih yang melintas. 

"Kemungkinan bakal kembali ke semula, karena anggarannya terbatas. Nantinya akan dibatasi untuk tinggi kendaraan. Harapannya bisa dipahami oleh warga agar tidak membawa beban barang berlebihan," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
jembatan sengkalingtim bola basket putri banyuwangi

Berita Lainnya

Berita

Terbaru