Tingkatkan Kemampuan Sistem Dokumentasi dan Pengarsipan, ini Upaya LP2M UIN Maliki Malang

May 24, 2022 18:41
LP2M menggelar workshop pengembangan sistem dokumentasi dan arsiparis data produk penelitian dan PKM berbasis IT (Ist)
LP2M menggelar workshop pengembangan sistem dokumentasi dan arsiparis data produk penelitian dan PKM berbasis IT (Ist)

JATIMTIMES - Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang, terus melakukan pengembangan dan peningkatan kapasitas maupun kualitas tenaga pendidik maupun tenaga kependidikan. 

Hal itu salah satunya dilakukan dengan kembali menggelar workshop pengembangan sistem dokumentasi dan arsiparis data produk penelitian dan PKM berbasis IT dengan menghadirkan Wina Permana Sari ST MKom sebagai narasumber, Selasa (24/5/2022).

Abtokhi Sekretaris LP2M menegaskan bahwa di era digital saat ini sudah menjadi sebuah keniscayaan merupakan  kebutuhan bersama bagi para peneliti baik bagi tenaga pendidik maupun tenaga kependidikan di UIN Maliki Malang.

Segala kebutuhan penunjang dalam publikasi hasil penelitian, dibahas dalam workshop secara sistematis. Sehingga, apapun yang dihasilkan oleh para dosen dan peneliti di kampus ini bisa terekam jejak digitalnya secara baik.

"Kami tentu membutuhkan beberapa masukan terkait dengan upaya pengembangan sistem baru yang berbasis digital ini," harapnya.

Perkembangan dan kemajuan teknologi, membuat sistem dokumentasi dan arsip berbentuk digital mulai populer. Arsip digital jadi salah satu cara paling aman untuk menyimpan sebuah arsip penting dibandingkan dengan arsip berbentuk fisik yang memiliki risiko cukup besar. Perbedaan penyimpanan arsip digital dan arsip fisik pada dasarnya ada pada format penyimpanannya. 

Karenanya, Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) saat ini menganjurkan setiap perguruan tinggi semakin menguatkan sistem IT guna menunjang hasil publikasi penelitian. Hal ini tentunya agar proses integrasi dan digitalisasi bisa tersusun dengan rapi dan aman. 

"LP2M selalu dituntut untuk bisa menyesuakan diri dengan aturan sistem dan regulasi yang ada," tegasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
UIN Maliki Malangarsip digitalmaling dimassa

Berita Lainnya

Berita

Terbaru