Jubir Satgas Covid-19 Wiku: Achmad Yurianto Tokoh Pejuang Penanganan Covid-19

May 22, 2022 16:20
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito saat di TPU Kelurahan Dadaprejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito saat di TPU Kelurahan Dadaprejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

JATIMTIMES - Sosok Mantan Juru Bicara (Jubir) Satgas Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto meninggalkan kesan yang mendalam. Hal itu juga dirasakan Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito. Baginya Yurianto tokoh pejuang dalam penanganan Covid-19 di Indonesia.

Wiku mengatakan kepergian almarhum merupakan duka yang mendalam bagi masyarakat Indonesia. Apalagi almarhum merupakan tokoh pejuang yang berkontribusi dalam penanganan Covid-19 di Indonesia.

“Beliau sosok yang tidak pernah lelah saat itu terus menerus menyampaikan informasi kepada masyarakat Indonesia yang menenangkan. Sehingga kondisi pandemi Covid-19 di Indonesia dapat terkendali dengan baik," ungkap Wiku saat diwawancarai usai menghadiri proses pemakaman almarhum di TPU, Kelurahan Dadaprejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu.

Tak hanya itu saja, bagi Wiku, Achmad Yurianto merupakan sosok yang sabar dan tenang saat menjadi juru bicara penanganan Covid-19. “Sejak awal pandemi beliau tidak pernah lelah untuk menyampaikan berita,” tambah Wiku, Minggu (22/5/2022).

Wiku juga mengenang masa mudanya saat satu sekolah dengan Achmad Yurianto. “Kenal baik karena beliau kakak kelas saya saat di SMAN 3 Malang seperti keluarga, sahabat, kakak saya dan pernah belajarnya bersama-sama di rumah,” imbuh Wiku.

Saat satu tim dalam Satgas Penanganan Covid-19, Wiku selalu berinteraksi mempersiapkan konferensi pers bersama beliau. “Sehingga kedekatan ini terus terjalin,” kenang Wiku.

Sementara itu almarhum mengembuskan nafas terakhirnya di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Saiful Anwar Kota Malang. Almarhum sebelumnya juga sempat dirawat di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Jakarta.

Achmad Yuniarto dimakamkan di samping makam ibunya, sesuai dengan permintaannya. Sebelum dimakamkan, Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko juga melayat ke rumah duka.

Sejumlah karangan bunga berjajar di depan rumah duka di Kelurahan Dadaprejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu. Mulai dari Presiden Joko Widodo, Menteri BUMN Eric Thohir, Menko PMK Muhadjir Effendy, Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang, hingga Kepala RSPAD Gatot Soebroto. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Jubir Satgas Covid 19Achmad Yuriantojaminan sosial atletWiku Adisasmito

Berita Lainnya

Berita

Terbaru