Muhadjir Effendy Kenang Sosok Achmad Yurianto, Dokter Periang dan Pekerja Keras

May 22, 2022 09:37
Achmad Yurianto (Foto: IST)
Achmad Yurianto (Foto: IST)

JATIMTIMES - Mantan Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) penanganan COVID-19 yang kini menjabat sebagai Ketua Dewan Pengawas BPJS Kesehatan, Achmad Yurianto meninggal dunia Sabtu (21/5/2022). Sebelum meninggal, Achmad Yurianto sempat menjalani perawatan terkait kanker usus. 

Achmad Yurianto meninggal dunia sekira pukul 18.50 WIB di Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA) Kota Malang. Jenazah tiba di rumah duka, di Jalan Ir Soekarno, Batu, pukul 21.20 WIB.

Rencananya jenazah Achmad Yurianto akan dimakamkan di TPU di sekitar rumah duka pagi ini Minggu, 22 Mei 2022 pukul 08.00 WIB.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy yang langsung terbang ke Malang untuk ikut prosesi pemakaman, mengaku tidak mengetahui bahwa rekannya itu menderita penyakit kanker usus. 

"Dia selalu periang dan artinya tidak ada kelihatan gelisah atau tanda-tanda sakit lah itu," kenang Muhadjir.

Pertemuan terakhir Muhadjir dengan Achmad Yurianto terjadi sekitar 2 bulan lalu. Ia sempat berbincang dengan mendiang berkaitan dengan peraturan presiden tantang revitalisasi BPJS.

Muhadjir lantas mengenang mendiang sebagai sosok yang pekerja keras. 

"Dia menurut saya seorang yang pekerja keras," ujar Muhadjir.  

Lebih lanjut, Muhadjir menuturkan dirinya mengenal Achmad Yurianto karena Kemenko PMK membawahi Kementerian Kesehatan. Saat itu Achmad Yurianto menjabat sebagai staf khusus Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto. 

Saat COVID-19 melanda, Achmad Yurianto dipilih sebagai juru bicara Satgas COVID-19. Kemudian menjadi Jubir Satgas COVID-19, Achmad Yurianto menjadi Dewan Pengawas BPJS Kesehatan masih dalam koordinasi Kemenko PMK. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Achmad Yuriantojaminan sosial atletMuhadjir Effendy

Berita Lainnya

Berita

Terbaru