Lima Seniman Diberi Penghargaan Dewan Kesenian Kota Batu

May 21, 2022 16:14
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko saat menyerahkan penghargaan di di Graha Pancasila Balai Kota Among Tani, Jumat (20/5/2022) malam.
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko saat menyerahkan penghargaan di di Graha Pancasila Balai Kota Among Tani, Jumat (20/5/2022) malam.

JATIMTIMES - Anugerah Kebudayaan Kota Batu tahun 2022 digelar Ketua Dewan Kesenian Kota Batu, untuk pertama kalinya yang berlangsung di Graha Pancasila Balai Kota Among Tani, Jumat (20/5/2022) malam. Penghargaan pun diberikan kepada lima seniman di Kota Batu.

Kelima seniman yang menerima penghargaan dibagi beberapa bidang, yakni reog, tari, seri rupa, sastra dan ludruk. Pada bidang tari, penghargaan diberikan di antaranya kepada Sudjopo Sumarah Purbo.

Selanjutnya dalam bidang reog diberikan kepada Agus Triwahyudi. Lalu penghargaan lainnya diberikan kepada Miftah Abdul Hadi selaku Seniman Seni Rupa, Sukisno yang merupakan Seniman Ludruk dan Dr. GP. Sindhunata ,S.J selaku Seniman Sastra.

Ketua Dewan Kesenian Kota Batu, Sunarto, mengatakan, Anugrah Kebudayaan merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan Kota Batu sebagai Kota Budaya yang mampu menjadi mercusuar Kota Seni dan Budaya.

“Sekaligus sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan kepada Seniman Kota Batu,” ujar Sunarto,

Sementara itu Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko, menambahkan, Kota Batu memiliki banyak seniman berbakat. Penghargaan ini menjadi bentuk apresiasi kepada seniman dan seniwati Kota Batu.

“Acara ini adalah awal langkah yang baik. Ke depan saya harap Dinas Pariwisata bisa membuat sebuah program yang membuat seniman kita merasa sangat dihargai di kotanya,” ujar Dewanti.

Sejauh apapun seniman Kota Batu berkarya, baik di nasional atau kancah internasional, Dewanti berpesan agar tidak lupa dengan Kota Batu. “Maestro Kota Batu ini banyak sekali. Semua boleh berkarya di luar Kota Batu bahkan internasional, tapi jangan melupakan Kota Batu,” imbuh Dewanti.

Anugrah Kebudayaan Kota Batu 2022 juga dimeriahkan dengan berbagai penampilan seni, pameran tosan aji dan seni rupa, serta bedah buku sastra karya Romo Sindhunata yang berjudul Anak Bajang Mengayuh Bulan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
dewan kesenian kota batuSunartocjh jatimDewanti Rumpoko

Berita Lainnya

Berita

Terbaru