Pilrek UB Masuki Tahapan Sidang Pleno, Siapa Rektor UB Terpilih?

May 21, 2022 11:56
Prof. Dr. Ir. Imam Santoso (kanan), MP, Prof. Widodo, S.Si.,M.Si.,Ph.D.Med.Sc (kiri) dan Prof. Dr. Unti Ludigdo, S.E., M.Si.,Ak (tengah)(foto: Anggara Sudiongko/ MalangTIMES).
Prof. Dr. Ir. Imam Santoso (kanan), MP, Prof. Widodo, S.Si.,M.Si.,Ph.D.Med.Sc (kiri) dan Prof. Dr. Unti Ludigdo, S.E., M.Si.,Ak (tengah)(foto: Anggara Sudiongko/ MalangTIMES).

JATIMTIMES - Universitas Brawijaya (UB) kini bersiap melakukan Pemilihan Rektor (Pilrek). Melalui Majelis Wali Amanat (MWA) sedang bersiap melakukan pemilihan rektor yang akan digelar pada Sabtu (21/5/2022) dalam sidang pleno tertutup.

Agenda kegiatan dalam Sidang Pleno MWA, antara lain Pemaparan Visi Misi Calon Rektor, Musyawarah Pemilihan Rektor, serta Pembacaan Berita Acara Hasil Pemilihan.

"Jika nanti dalam musyawarah belum diketemukan kata mufakat maka akan dilakukan voting," katanya.

Persiapan yang telah dilakukan antara lain koordinasi kehadiran anggota MWA yang terdiri dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Makarim, perwakilan tokoh masyarakat yaitu Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.A.P; Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD, serta Sekjen PUPR Ir. Mohammad Zainal Fatah. Serta perwakilan IKA UB yang diwakili oleh Prof. Ahmad Erani Yustika termasuk perwakilan tendik serta perwakilan mahasiswa.

“Untuk dari Mas Nadiem hingga saat ini belum ada konfirmasi kehadiran. Jika tidak hadir nanti akan menunjuk perwakilan. Meskipun nanti yang datang perwakilan, suara yang disumbangkan Mas Nadiem tetap 35 persen. Hal ini karena Mendikbudristek mempunyai otoritas di dalamnya," kata Panitia Pilrek Prof. Dr. Ir. Ariffin, M.S.

Pada tahapan akhir pemilihan rektor, diharapkan bisa berjalan lancar. Rektor yang nantinya terpilih diharapkan mampu menjalankan amanah untuk memajukan UB sebagai kampus unggulan.

"Harapan proses berjalan lancar dan aman. Selain itu harapannya rektor yang terpilih mampu melakukan amanah serta mampu melanjutkan perjuangan serta bisa mencapai prestasi yang lebih baik," kata Prof Ariffin.

Seperti diketahui sebelumnya, sebanyak enam bakal calon rektor sudah melakukan proses pendaftaran melalui Panitia Pemilihan Rektor (Pilrek) yang membuka pendaftaran mulai 30 Maret hingga 5 April 2022.

Enam Bakal Calon Rektor itu masing-masing Prof. Dr. Marjono; M.Phil yang merupakan mantan Direktur Pascasarjana dan mantan dekan FMIPA UB, kemudian Prof. Dr. Ir. Imam Santoso, MP yang menjabat Dekan FTP. Berikutnya Prof. Dr. Unti Ludigdo, S.E., M.Si.,Ak yang menjabat Dekan Fakultas Vokasi dan mantan Dekan FISIP.

Kemudian Prof. Widodo, S.Si.,M.Si.,Ph.D.Med.Sc yang kini tercatat sebagai Dekan Fakultas MIPA. Kemudian Drs. Andy Fefta Wijaya, MDA.,Ph.D yang kini menjabat Dekan FIA dan Prof. Candra Fajri Ananda, SE.,MSc.,Ph.D yang merupakan mantan Dekan FEB UB.

Dari enam bakal calon tersebut, kemudian terjaring tiga calon Rektor UB, yakni Prof. Dr. Ir. Imam Santoso, MP, Prof. Widodo, S.Si.,M.Si.,Ph.D.Med.Sc dan Prof. Dr. Unti Ludigdo, S.E., M.Si.,Ak. Hingga saat ini, proses sidang pleno masih berlangsung.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Verifikasi pendudukeyebrow kitUniversitas Brawijaya

Berita Lainnya

Berita

Terbaru