7 Difabel Ikuti UTBK UB, Panitia Sediakan Pendamping

May 20, 2022 08:14
Nampak para difabel yang mengikuti UTBK mendapatkan pendampingan petugas dalam membaca soal dan menginputkan jawaban (Ist)
Nampak para difabel yang mengikuti UTBK mendapatkan pendampingan petugas dalam membaca soal dan menginputkan jawaban (Ist)

JATIMTIMES - Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) di Universitas Brawijaya (UB) diikuti tujuh peserta difabel. Lima peserta mengikuti tes pada sesi pertama, Selasa (17/05/2022), sedangkan dua peserta mengikuti tes pada Kamis (19/05/2022).

Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. drh. Aulanni’am, DES menyampaikan, para peserta difabel diberikan tempat khusus dalam pelaksanaan UTBK, di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) dan Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM) yang memiliki aksesibilitas untuk difabel yang memadai. 

Dalam mengerjakan soal UTBK, peserta difabel low vision mendapat pendampingan oleh petugas, dalam artian untuk memudahkan dalam pengoperasian komputer, sehingga dalam pengerjaan soal, sesuai yang diharapkan.

"Ada petugas didampingi oleh pendamping yang bertugas membantu membacakan soal dan menginput jawaban melalui komputer sesuai jawaban yang diberikan peserta," jelasnya.

Sementara itu, salah satu difabel, Iva Salsabila, mengatakan, tidak menemukan kendala yang berarti dalam pelaksanaan UTBK. Peran pendamping dan juga mudahnya akses serta petunjuk maupun denah menuju lokasi ruang UTBK sangatlah mudah dijangkau. 

"Alhamdulillah tidak kesulitan saat mengerjakan soal, tetapi harus berburu dengan waktu karena banyak soal dengan bacaan yang panjang," ungkap peserta lulusan SMAN 1 Bululawang ini.

Sama halnya dengan Iva, peserta UTBK dari SMAN 1 Gondanglegi Dewinta Sasi Kirana juga mengapresiasi pelaksanaan UTBK di UB. Dirinya tidak terlalu menemui kendala yang berarti dalam pelaksanaan UTBK. 

Persiapan matang, mulai dari pengecekan lokasi secara virtual dan peran pendamping yang memberikan arahan, sangatlah membantu dan memperlancar jalannya UTBK.

“Sebelumnya, saya sudah persiapan dari rumah dengan melakukan pengecekan lokasi secara virtual melalui laman Selma. Dan ketika datang di UB langsung diarahkan oleh petugas, sehingga tidak kesulitan mencari lokasi,” ujar Dewinta.

Sementara itu, pelaksanaan UTBK 2022 di UB diikuti oleh 19.487 peserta. UTBK dilaksanakan dalam dua gelombang, yakni gelombang pertama 17-23 Mei 2022 dan gelombang kedua pada 28 Mei-3 Juni 2022. Para peserta yang tidak hadir dalam UTBK, dinyatakan gugur dengan alasan apapun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Pelaksanaan UTBKpeserta utbk difabelUniversitas Brawiyajaobat impotensi

Berita Lainnya

Berita

Terbaru