Kota Malang Kembali Raih Predikat Opini WTP, Wali Kota Sutiaji: Kinerja Tetap Ditingkatkan

May 19, 2022 20:48
Wali Kota Malang Sutiaji saat menerima predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) ke-11 yang diserahkan oleh Kepala BPK RI Perwakilan Jawa Timur Joko Agus Setyono di Sidoarjo, Kamis (19/5/2022). (Foto: Humas Pemkot Malang)
Wali Kota Malang Sutiaji saat menerima predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) ke-11 yang diserahkan oleh Kepala BPK RI Perwakilan Jawa Timur Joko Agus Setyono di Sidoarjo, Kamis (19/5/2022). (Foto: Humas Pemkot Malang)

JATIMTIMES - Pemerintah Kota (Pemkot) Malang kembali menorehkan prestasi di bidang laporan keuangan. Secara berturut-turut, pada tahun 2022 ini Kota Malang berhasil meraih predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk Laporan Hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun 2021.

Capaian prestasi yang membanggakan tersebut menunjukkan komitmen Kota Malang dalam memaksimalkan kinerja dengan mengacu pada peraturan perundang-undangan yang ada, membuahkan hasil memuaskan, yakni raihan predikat opini WTP ke-11. 

Penyerahan penghargaan predikat opini WTP untuk Laporan Hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun 2021 tersebut diserahkan oleh Kepala Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Jawa Timur Joko Agus Setyono diterima langsung oleh Wali Kota Malang Sutiaji

Orang nomor satu dilingkup Pemkot Malang tersebut menyampaikan, seluruh elemen masyarakat dan jajaran stakeholder di Kota Malang harus berbangga atas capaian prestasi opini WTP ini. Pasalnya, Kota Malang telah meraih penghargaan yang sama sampai ke-11 kali secara berturut-turut. 

"Meski demikian, Pemerintah Kota Malang akan terus mempertahankan predikat tersebut dengan peningkatan kinerja dengan transparansi dan akuntabel pada pelaporan keuangan daerah," ujar Sutiaji di Kantor BPK RI Perwakilan Jawa Timur dalam keterangan yang diterima JatimTIMES.com, Kamis (19/5/2022). 

Meraih predikat opini WTP untuk Laporan Hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah hingga tahun 2021 merupakan penghargaan ke-11 yang diterima secara berturut-turut merupakan bentuk komitmen bersama antar seluruh elemen dilingkup Pemkot Malang.

Menurut Sutiaji, capaian prestasi predikat opini WTP ini tidak mudah diraih. Pasalnya, banyak indikator yang harus dipenuhi untuk mempertahankan predikat tersebut. Salah satu yang memenuhi banyak indikator tersebut yakni Kota Malang. 

"Kegiatan pemeriksaan yang dilakukan oleh tim BPK selama ini disambut terbuka. Pemerintah Kota Malang selalu kooperatif dalam rangka memperlancar proses pemeriksaan," terang Sutiaji. 

Sementara itu, pihaknya menjelaskan bahwa Pemkot Malang juga sangat memahami pemeriksaan yang dilakukan oleh tim dari BPK RI berjalan secara profesional dan independen. Selain itu, berdasarkan pemeriksaan yang dilakukan, juga dapat memberikan rekomendasi yang konstruktif. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Opini WTPKota MalangWali Kota Malang Sutiaji

Berita Lainnya

Berita

Terbaru