Cegah Penyebaran PMK, Wali Kota Batu Beri Bantuan Vitamin dan Desinfektan

May 19, 2022 18:14
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko saat menyerahkan bantuan kepada perernak di di Dusun Tegalsari, Desa Sumbergondo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Kamis (19/5/2022).
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko saat menyerahkan bantuan kepada perernak di di Dusun Tegalsari, Desa Sumbergondo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Kamis (19/5/2022).

JATIMTIMES -  Pencegahan penyebaran Penyakit Kuku dan Mulut (PMK) terus dilakukan Pemkot Batu. Kali ini Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko menyerahkan bantuan desinfektan dan vitamin hewan ternak, di Dusun Tegalsari, Desa Sumbergondo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Kamis (19/5/2022).

Saat memberikan bantuan itu Dewanti menekankan agar perilaku hidup sehat harus dilaksanakan supaya PMK tidak menyebar lebih luas lagi. “Baik untuk kesehatan kita sendiri maupun tetangga sekitar kita. Pemerintah berusaha membantu sebisa mungkin meskipun tidak bisa secara langsung,” ujar Dewanti.

Langkah lainnya yang harus dilakukan adalah menghentikan keluar masuk hewan selama adanya wabah ini. Termasuk orang yang menangani hewan ternak yang sakit.

Sementara itu dr Lisa, Dokter Kesehatan Hewan, Puskeswan menjelaskan, penyakit PMK saat ini merupakan wabah. “Namun, masih bisa disembuhkan,” ujar Lisa.

Salah satu cara penyembuhan adalah menghindari kontak dengan banyak manusia agar tidak menular ke hewan yang lain, serta pemberian nutrisi atau vitamin serta kebersihan kandang juga harus menjadi prioritas yang wajib diperhatikan.

Petugas pun juga melarang siapa saja yang hendak ke kandang isolasi. Karena dikhawatirkan kedatangan orang tersebut akan menjadi jembatan penularan, karena kedatangan mereka ke kandang bisa membawa vector virus ke kandang yang lain.

Sedang dari data Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kota Batu tercatat 60 sapi 13 kambing yang sakit. Namun hanya 42 sapi terkonfirmasi positif PMK. Dan 1 ekor sapi umur 20 hari mati akibat suspek.

Wabah ini sudah melanda dua desa di Kecamatan Bumiaji di Desa Sumbergondo dan Kecamatan Junrejo di Desa Junrejo.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
razia satpol pp kota batuPMK Kota BatuDewanti Rumpoko

Berita Lainnya

Berita

Terbaru