FEB UNISMA Ajak Komunitas Se-Malang Raya Berhati-hati soal Investasi Bodong

May 19, 2022 12:33
Dekan FEB UNISMA Nur Diana SE, MSi saat memberikan sambutan (foto: Humas FEB Unisma for JatimTIMES)
Dekan FEB UNISMA Nur Diana SE, MSi saat memberikan sambutan (foto: Humas FEB Unisma for JatimTIMES)

JATIMTIMES - Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang (GIBEI FEB UNISMA) mengadakan kegiatan Sekolah Pasar Modal Level advance dengan mengusung tema 'Community Bridge tobe Smart Investor'. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan oleh GIBEI FEB UNISMA, Rabu (17/05/2022).

Sekolah Pasar Modal (SPM) merupakan program edukasi dan sosialisasi pasar modal yang diselenggarakan secara berkala oleh Galeri Investasi BEI FEB UNISMA dengan menggandeng PT Bursa Efek Indonesia Kantor Perwakilan Jawa Timur dan PT IPOT.

Acara yang dibuka oleh Dekan FEB UNISMA Nur Diana SE, MSiUniku, ini diikuti oleh lebih dari 250 peserta yang berasal dari berbagai komunitas Malang Raya. Sementara itu, narasumber yang mengisi kegiatan di antaranya adalah Asikin Ashar Senior Trainer PT Bursa Efek Indonesia dan Imam Gunadi Specialist Investmen PT Indopremiere Securitas.

Dalam sambutannya Diana mempertegas peran dan fungsi sekolah pasar modal yang digelar GIBEI FEB UNISMA sebagai implementasi untuk membantu kebijakan dari Kementerian Keuangan dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam meningkatkan inklusi dan literasi keuangan serta kuantitas investor khususnya investor pemula.

“Saat ini marak pertumbuhan investasi di Indonesia, bahkan pertumbugan investasi di pasar modal sangat marak di masa pandemi. Namun hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) tahun 2019 menunjukkan indeks literasi keuangan sebesar 38,03 persen dan indeks inklusi keuangan sebesar 76,19 persen. Artinya secara umum masyarakat Indonesia belum memahami dengan baik karakteristik berbagai produk dan layanan jasa keuangan yang ditawarkan oleh lembaga jasa keuangan formal,” tutur Nur Diana.

“Ini membuktikan maraknya penipuan maupun investasi bodong berkedok investasi resmi yang mengatasnamakan investasi resmi di pasar modal dan diakui resmi oleh OJK beredar di masyarakat, sehingga FEB UNISMA dengan Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia yang dimiliki memiliki moral obligation untuk memberikan edukasi dan Sosialisasi yang benar kepada masyarakat agar tidak tertipu investasi abal- abal yang meresahkan masyarakat,” tegas Nur Diana.

Menurutnya dengan mengenal sejak dini bagaimana investasi yang tepat dengan didukung strategi dan teknik yang tepat hal ini akan mendorong pengetahuan dan literasi masyarakat Indonesia yang saat ini diharapkan  membangkitkan perekonomian Indonesia pasca pandemi.

Perlu diketahui, kegiatan SPM level advance diselenggarakan oleh FEB UNISMA tidak hanya menggandeng mahasiswa di Malang Raya, tetapi juga melibatkan berbagai komunitas malang raya seperti komunitas Generasi Cerdas dan Unggul, Komunitas Digital, Komunitas UMKM dan lain-lain.

Foto bersama FEB Unisma bersama komunitas se Malang Raya (foto: FEB Unisma for JatimTIMES)

Sementara itu Asikin Ashar, Senior Trainer PT BEI Kantor Perwakilan Jawa Timur memberikan apresiasi yang tinggi kepada FEB UNISMA khususnya melalui GI BEI FEB UNISMA yang selalu konsisten untuk mendorong peningkatan literasi dan inklusi keuangan masyarakat melalui program edukasi, sosialiasasi yang dikemas dalam bentuk Sekolah Pasar Modal baik pada level basic, advance ke berbagai kalangan masyarakat.

Hal ini sangat mendukung upaya Bursa Efek Indonesia untuk mendorong masyarakat cerdas berinvestasi dan menghindari informasi yang bias dan menyesatkan. Menurutnya peran perguruan tinggi dalam hal ini FEB UNISMA sangat penting dalam mengatasi problem-problem investasi yang menyesatkan dimana saat ini marak di kalangan masyarakat.

Dalam paparannya Asikin menekankan bahwa saat ini pasar modal Indonesia bergerak volatile sehingga investasi dalam pasar modal butuh keberanian dan harus jeli dalam setiap pengambilan keputusan.

“Investasi di pasar modal prinsipnya, risikonya lebih tinggi, namun keuntungan yang diperoleh akan semakin besar. Untung atau rugi dalam pengesahan di pasar modal yang masuk dalam investasi kita, uang yang diinvestasikan serta jeli mengambil keputusan produk- produk yang diperdagangkan. Bahkan saat ini juga banyak praktik-praktik anomali seperti adanya saham yang digunakan oleh makelar-makelar untuk mempengaruhi dunia saham.

Imam Gunadi (Specialist Investmen PT Indopremiere Sekuritas) menjelaskan tentang berbagai teknik investasi di antaranya analisis teknikal dan fundamental. Selain itu Imam juga menjelaskan teknik pembukaan akun serta penerapan aplikasi IPOT sebagai sarana investasi berbasis Cloud yang dengan mudah diakses oleh peserta SPM Level Advance ini.

Ketua Aktivis Galeri Investasi BEI FEB Unisma Malang Muslihul Hadi berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi para mahasiswa dan komunitas se Malang Raya yang butuh informasi yang tepat dalam berinvestasi.

“Saya berharap semoga kegiatan ini dapat memberikan manfaat untuk kita semua dan juga semoga kegiatan ini dapat terselenggara dengan lebih baik lagi di tahun-tahun berikutnya. Selain itu, kami ingin menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang sudah memberikan dukungan demi terselenggaranya kegiatan ini,” ujar Muslihul.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
feb unismadekan feb unismaInvestasi Bodong

Berita Lainnya

Berita

Terbaru