Rektor UM Pantau Pelaksanaan UTBK, Peserta Absen Kurang dari 1 Persen

May 18, 2022 14:45
Situasi UTBK UM yang dilaksanakan di kampus mitra, Unmer. (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Situasi UTBK UM yang dilaksanakan di kampus mitra, Unmer. (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

JATIMTIMES - Universitas Negeri Malang (UM) menjadi salah satu kampus yang menjadi lokasi Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Masuk Bersama Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Sekitar 16 ribu lebih peserta ikut UTBK SBMPTN di UM.

Dalam pelaksanaan UTBK di UM, sebagian peserta menjalani UTBK pada kampus mitra, yakni ada di Universitas Islam Malang (Unisma), Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), dan Universitas Merdeka (Unmer). UTBK dilaksanakan dalam dua gelombang, yakni gelombang pertama 17-23 Mei 2022 dan gelombang kedua pada 28 Mei-3 Juni 2022.

Menurut laporan panitia pelaksana UTBK, dalam satu sesi ada sekitar 1.000 lebih peserta yang mengikuti tes UTBK di UM dan kampus mitra. Dengan pembagian 45 ruang ujian dengan kapasitas 605 peserta di kampus UM, 22 ruang dengan kapasitas 286 peserta di kampus UMM, 13 ruang dengan kapasitas 190 peserta di kampus Unisma, dan 10 ruang dengan kapasitas 150 peserta di kampus Unmer.

"Tapi yang jelas totalnya sekitar 16 ribu," ungkap Rektor UM Prof Rofi'uddin saat melakukan peninjauan di Unmer (18/5/2022).

Dari pemantauan yang ada di lokasi UTBK, sejauh ini masih dalam kondisi on the track dan tidak ada keganjilan. Dari peserta yang melaksanakan UTBK pada hari pertama dari laporan absensi atau kehadiran peserta cukup bagus. 

"Dari absensi hanya sekitar kurang dari 1 persen yang tidak hadir. Kecil sekali," jelas rektor yang masih belum mengetahui detail jumlah peserta yang absen.

Mengenai ketidakhadiran peserta,  rektor mengatakan belum diketahui jelas alasannya. Namun, pihaknya menyebut berdasarkan pengalaman,  di antara yang tidak hadir,  ada yang kalah sbeum berperang atau mundur sebelum mengikuti UTBK. "Ah percuma (alasan ketidakhadiran). Ada yang begitu," ucaonya.

Pihaknya berharap, UTBK kali ini berjalan dengan lancar hingga selesainya UTBK. Selain itu, diharapkan juga lewat UTBK ini UM bisa menjaring mahasiswa-mahasiswa yang berkualitas. "Mudah-mudahan nanti sampai selesai tidak ada yang ganjil dan semua berjalan dengan lancar," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Pelaksanaan UTBKUniversitas Negeri Malang (UM)Rumah Sakit Paru Jember

Berita Lainnya

Berita

Terbaru