Hadiri Halalbihalal, Wali Kota Sutiaji Mengajak Guru Sukseskan Program Merdeka Belajar

May 17, 2022 18:50
Wali Kota Malang Sutiaji (tengah baku cokelat muda dan mengenakan sarung) saat berfoto bersama para kepala sekolah dan guru SD di Kota Malang dalam acara halal bi halal yabg digelar di Gedung Islamic Center Kota Malang, Selasa (17/5/2022). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)
Wali Kota Malang Sutiaji (tengah baku cokelat muda dan mengenakan sarung) saat berfoto bersama para kepala sekolah dan guru SD di Kota Malang dalam acara halal bi halal yabg digelar di Gedung Islamic Center Kota Malang, Selasa (17/5/2022). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Wali Kota Malang Sutiaji bersama Ketua Tim Penggerak PKK sekaligus Bunda PAUD Kota Malang Widayati Sutiaji menghadiri acara Halalbihalal Kepala Sekolah dan Guru SD se-Kota Malang dalam rangka Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2022. 

Acara Halalbihalal Kepala Sekolah dan Guru SD se-Kota Malang ini digelar di Gedung Islamic Center Kota Malang. Dalam sambutannya, Wali Kota Malang Sutiaji mengajak seluruh kepala sekolah dan guru SD di Kota Malang untuk mensukseskan program merdeka belajar yang digagas oleh pemerintah pusat.

"Saat ini guru adalah fasilitator yang tugasnya mengarahkan peserta didik untuk belajar sesuai minat dan kemampuannya, sehingga program merdeka belajar ini harus kita sukseskan bersama," ungkap Sutiaji, Selasa (17/5/2022). 

Orang nomor satu di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Malang ini menuturkan, program merdeka belajar bukan saja hanya diterapkan bagi peserta didik, namun juga kepada para guru selaku tenaga pengajar bagi para murid. 

"Melalui program ini, nantinya akan mampu menggali potensi guru dan peserta didik," terang Sutiaji. 

Menurutnya, kesiapan dari lembaga pendidikan, tenaga pengajar hingga peserta didik harus benar-benar disiapkan untuk mensukseskan program merdeka belajar. 

"Namanya lembaga maka menyiapkan metodologi. Alat peraga dan guru kesiapan secara literasi harus dilaksanakan. Pengawas mendorong bahwa portofolio sesuai dengan program merdeka belajar," jelas Sutiaji. 

Saat ini, kurikulum merdeka sudah diterapkan di lebih dari 140.000 satuan pendidikan di seluruh wilayah Indonesia. Artinya, ratusan ribu anak Indonesia sudah merasakan belajar dengan cara yang jauh lebih menyenangkan dan memerdekakan.

Lebih lanjut, dalam acara halabihalal bersama kepala sekolah dan guru SD tersebut, Sutiaji sempat berdialog dengan para guru untuk secara langsung mendengarkan keluh kesah mereka selama menjalankan tugas sehari-hari.

Untuk diketahui, acara Halalbihalal kepala sekolah dan guru SD ini digelar selama dua hari. Yakni hari Selasa (17/5/2022) untuk SD yang berada di wilayah Kecamatan Sukun dan Kecamatan Kedungkandang. Sedangkan pada hari Rabu (18/5/2022) untuk SD di wilayah Kecamatan Lowokwaru, Kecamatan Blimbing dan Kecamatan Klojen. 

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Malang Suwarjana pun menjelaskan, bahwa kegiatan Halal bi Halal ini memang sengaja digelar untuk memfasilitasi para kepala sekolah dan guru SD di Kota Malang untuk berkomunikasi langsung dengan Wali Kota Malang Sutiaji. Pasalnya, selama dua tahun terhalang oleh pandemi Covid-19.  

"Jadi kegiatan ini selain sebagai ajang temu kangen dan halal bi halal namun juga sebagai bentuk pemberian motivasi dari Bapak  Walikota kepada guru dan kepala sekolah agar dapat bangkit membangun pendidikan di Kota Malang jelang masa endemi," pungkas Suwarjana. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
SutiajiWali Kota Malang SutiajiSUWARJANAWidayati Sutiaji

Berita Lainnya

Berita

Terbaru