Dideportasi dari Singapura saat Ingin Berlibur, Begini Penjelasan Ustaz Abdul Somad

May 17, 2022 14:05
UAS difeportasi saat ingin berlibur di Singapura. (capture : haiguysofficial)
UAS difeportasi saat ingin berlibur di Singapura. (capture : haiguysofficial)

JATIMTIMES - Ustadz Abdul Somad (UAS) dideportasi dari Singapura. Saat itu, UAS bersama sang anak, istri, dan sahabat berangkat ke Singapura pada Senin (16/5/2022). Ia bertandang ke Singapura untuk berlibur. 

"Dalam rangka libur, ini kan hari libur. Kebetulan sahabat saya dekat rumahnya dari Singapura," jelas UAS dalam YouTube Hai Guys Official, Selasa (17/5/2022).

Tiba di Singapura, ia tidak diperkenankan masuk ke dengan alasan yang tak ia ketahui. Saat itu UAS dan rombongan baru tiba di Pelabuhan Tanah Merah Singapura.

Bahkan, menurut UAS, petugas Imigrasi Singapura pun tidak memberikan penjelasan atau alasan yang jelas perihal dirinya yang dilarang masuk Singapura.

"Mereka tak bisa menjelaskan. Pegawai Imigrasi tak bisa menjelaskan. Jadi, yang bisa menjelaskan ambassador of Singapore in Jakarta, you have to explain to our community, why did your country, why did your government reject us? Why did your government deport us? Kenapa? Apakah karena teroris? Apakah karena ISIS? Apakah karena bawa narkoba? Itu mesti dijelaskan," ujarnya.

UAS  juga menegaskan, saat itu berkas persyaratan yang ia bawa sangatlah lengkap. Mulai dari arrival card, kartu untuk datang dan masuk serta  yang lainnya, sehingga tidak ada satu yang kurang apa pun. 

"Udah lengkap semua. Udah sampai distempel Imigrasi, dia tidak stempel, karena langsung di-scan saja paspor. Habis itu kemudian cap jempol, habis itu pas mau keluar, saya terakhir. Sahabat saya keluar, istrinya sudah, anaknya sudah, ustazah sudah, anak saya sudah, saya yang terakhir. Begitu selesai mau keluar, baru itu tas ditarik, masuk," ungkap UAS.

Saat itu  UAS sampai  menjelaskan perihal maksud kedatangannya untuk berlibur dan bukan untuk melakukan ceramah.Namun, UAS tetap dideportasi. Sang istri bersama  sahabat yang telah masuk terlebih dulu, kemudian juga akan dijemput kembali oleh petugas imigrasi untuk dideportasi. 

Dirinya saat itu dipisah dalam ruangan berbeda dengan rombongan lain. UAS ditahan di dalam ruangan 1 x 2 meter kurang lebih satu jam lamanya. Lantas ia kemudian digabungkan dengan rombongan lainnnya. Di situ, dirinya juga harus menunggu selama 3 jam. "japal terakhir baru dipulangkan" kata UAS.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Ustaz Abdul SomadDicekal SngapuraImigrasi SingapuraGandeng polisi dan TNI

Berita Lainnya

Berita

Terbaru