Pelaksanaan UTBK, UB Siapkan Metal Detector Pada Setiap Ruang

May 16, 2022 13:48
Rektor UB Prof Dr Ir Nuhfil Hanani AR MS saat mengecek kesiapan metal detector (Foto: Ist)
Rektor UB Prof Dr Ir Nuhfil Hanani AR MS saat mengecek kesiapan metal detector (Foto: Ist)

JATIMTIMES - Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2022 di Universitas Brawijaya (UB) akan dilaksanakan dalam dua gelombang, yakni gelombang pertama 17-23 Mei 2022 dan gelombang kedua pada 28 Mei hingga 3 Juni 2022.

Untuk itu, UB melakukan persiapan fasilitas, bahkan hingga menyiapkan metal detector pada seluruh ruangan. Hal ini memang berbeda dengan tahun sebelumnya, di mana hanya tersedia beberapa metal detector pada beberapa ruangan.

"Masing-masing fakultas telah menyiapkan dengan baik, mulai dari protokol kesehatan, metal detector, fasilitas untuk difabel sudah kita siapkan semua. Karena sudah ada pengalaman dari tahun-tahun sebelumnya, harapan saya UTBK tahun ini dapat berjalan lebih baik daripada tahun lalu," ungkap Rektor UB Prof Dr Ir Nuhfil Hanani AR MS.

1

Pada setiap ruangan yang digunakan untuk UTBK, disiapkan metal detector. Hal ini tentunya untuk mengantisipasi adanya peserta yang membawa HP atau kamera. 

“Tahun lalu sudah ada namun hanya di beberapa ruangan, untuk tahun ini semua ruangan sudah dilengkapi fasilitas metal detector untuk mengantisipasi adanya peserta yang membawa HP atau kamera," tambah Prof Aul, Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. drh. Aulanni’am, DES.

Dalam UTBK, UB telah menyiapkan 67 ruangan dan 1.380 komputer untuk setiap sesinya, dengan 79 pengawas, 16 penanggung jawab lokasi, 16 penanggung jawab TIK lokasi, 16 admin TIK lokasi, 4 admin server, dan 69 teknisi ruang dalam tiap sesi.

"(di ruangan) disediakan dua petugas, laki-laki dan perempuan, di masing-masing ruangan untuk melakukan pengecekan," tuturnya.

Selian itu, pihaknya juga akan mengupayakan agar dalam pelaksanaan UTBK berjalan lancar dan tidak berimbas pada hal lainnya, seperti misalnya menimbulkan kemacetan. Sebab, seperti diketahui, jika jumlah peserta yang akan mengikuti UTBK di UB sebanyak 19.487 peserta. Untuk itu, kendaraan yang dibawa para peserta, nantinya akan masuk kedalam UB dan akan ditata sedemikian rupa.

"Yang pasti tidak boleh ada kemacetan di jalan Veteran," ujarnya.

Sementara itu, mengenai persyaratan dan perlengkapan yang harus dibawa, peserta UTBK diwajibkan membawa Kartu Tanda Peserta Ujian, Fotokopi Ijazah SMA/SMK/MA atau sederajat yang dilegalisir atau Surat Keterangan Kelas XII yang dilengkapi pasfoto berwarna terbaru dan berstempel basah sekolah, serta kartu identitas asli.

Peserta wajib memakai baju berkerah dan bersepatu, datang 30 menit sebelum ujian dimulai, dan melakukan pengecekan lokasi H-1 secara virtual melalui laman https://selma.ub.ac.id/peta-utbk-2022/. 

Peserta tidak boleh memakai kaos oblong, terlambat, membawa daftar logaritma, alat komunikasi, kalkulator, kertas, catatan, jam tangan, kamera, modem dan segala alat elektronik untuk merekam.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Universitas BrawijayaKasus bakar rumahPelaksanaan UTBK

Berita Lainnya

Berita

Terbaru