Tarif Penggunaan Air Perumda Tirta Kanjuruhan Akan Naik per 1 Juni 2022, Begini Penjelasannya

May 16, 2022 13:16
Dirut Perumda Tirta Kanjuruhan, Syamsul Hadi.(Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).
Dirut Perumda Tirta Kanjuruhan, Syamsul Hadi.(Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).

JATIMTIMES - Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirta Kanjuruhan Kabupaten Malang akan menaikan tarif penggunaan air pelanggan. Rencana penyesuaian tarif tersebut sebenarnya juga telah disampaikan kepada sejumlah perwakilan pelanggan pada tahun 2021 lalu.

Rencana penyesuaian tarif yang akan dilakukan pada tahun 2022 ini diawali dengan melakukan survey kepuasan pelanggan (SKP). Sehingga sebelum tarif dinaikkan, harapannya masyarakat juga telah paham akan progress peningkatan kualitas layanan Perumda Tirta Kanjuruhan.

"Rencana ini juga sudah saya sampaikan kepada YLKM (Yayasan Lembaga Konsumen Malang), untuk mengetahui progres peningkatan layanan. Artinya, saat nanti melakukan penyesuaian tarif, saya harapkan terbantu kepada masyarakat untuk sosialisasinya. Bahwa tingkat pelayanan akan kita sesuaikan secara proporsional," ujar Direktur Utama (Dirut) Perumda Tirta Kanjuruhan, Syamsul Hadi. 

160522_tarif-air-perumda-tirta-kanjuruhan.psdf2401ed8216c7979.png

Penyesuaian tarif penggunaan air Perumda Tirta Kanjuruhan akan dinaikan sebesar Rp 500, atau sebesar 15% hingga 17%. Di mana dari yang semula sebesar Rp 2.450 per m³ akan menjadi Rp 2.900 per m³. Hal tersebut mengacu pada Permendagri nomor 70 tahun 2016 dan nomor 21 tahun 2020.

"Selain itu juga mengacu pada Keputusan Gubernur. Yang juga menyebutkan ada tarif batas bawah dan tarif batas atas. Tarif batas atas itu maksimal 4 persen dari UMK. Jadi tidak boleh lebih dari itu. Dan kalau diprosentase, tarif penggunaan air kami masih sekitar 1,35 persen," terang Syamsul. 

Syamsul mengatakan, tarif baru penggunaan air tersebut akan mulai diberlakukan pada 1Juni 2022 mendatang. Di sisi lain, kenaikan tarif ini tidak diberlakukan kepada pelanggan yang tergolong masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

"Jadi penyesuaian tarif ini hanya berlaku kepada pelanggan yang memang benar-benar sudah mampu," pungkas Syamsul. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Perumda Tirta Kanjuruhan MalangKabupaten MalangPDAM Kabupaten Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru