Malangtimes

Disebut Jadi Andalan ASEAN, Ini yang Dilakukan Bupati Sanusi Kembangkan Boonpring

May 12, 2022 20:06
Bupati Malang HM. Sanusi secara simbolis menerima penganugerahan.(Foto: Istimewa).
Bupati Malang HM. Sanusi secara simbolis menerima penganugerahan.(Foto: Istimewa).

JATIMTIMES - Direktorat Jendral (Dirjen) Pembangunan Desa dan Pedesaan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Republik Indonesia, Sugito menegaskan bahwa Kawasan Ekowisata Boonpring saat ini telah menjadi salah satu desa wisata unggulan di tingkat ASEAN atau ASIA Tenggara.

Hal tersebut setelah Boonpring yang dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Kertoraharjo Desa Sanankerto, Kecamatan Turen Kabupaten Malang mendapat anugerah The 5Th ASEAN Rural Development And Poverty Eradication (RDPE) Leadership Award.

Menurut Sugito, Kawasan Ekowisata Boonpring mempunyai ekosistem yang cukup untuk dapat terus dikembangkan. Terlebih agar levelnya naik yang saat ini sudah berada di level ASEAN, menjadi level Asia. 

"Tapi paling tidak ekosistemnya sudah mendukung, jadi kalau kesini bandara juga dekat, jalan juga sudah mudah dan penginapan juga sudah ada di desa. Jadi artinya ekosistem yang ada sudah cukup mendukung. Harapannya setelah Covid-19 benar-benar usai, kita bisa promosikan agak lebih jauh lagi," ujar Sugito. 

Meskipun menurut Sugito, ketersediaan ekosistem ataupun fasilitas umum (fasum) untuk menuju kawasan Ekowisata Boonpring belum dapat disejajarkan dengan fasum di daerah Ibukota, namun setidaknya dengan capaian yang diraih saat ini, Boonpring ia nilai sudah cukup luar biasa. 

"Jadi saya simpel menyederhanakan, boonpring jadi salah satu dari tiga jagoan di Jatim, dan sekarang sudah jadi salah satu jagoan di Asean," imbuh Sugito. 

Sementara itu menyikapi raihan tersebut, Bupati Malang HM. Sanusi akan memberikan sejumlah dukungan pada pengembangan Kawasan Ekowisata Boonpring. Hal tersebur juga telah sesuai dengan arahan Dirjen PDP Kemendes PDTT agar Boonpring bisa dinaikkan levelnya ke tingkat Asia. 

"Boonpring sudah di kelas ASEAN, dan berharap naik di kelas ASIA. Dan bisa naik ke kelas dunia. Otomatis dengan hal itu, kemajuann desa ini akan meningkat," ujar Sanusi. 

Salah satunya, pihaknya akan meningkatkan kualitas jalan di Desa Sanankerto sebagai akses menuju Boonpring. Setidaknya agar kendaraan besar seperti bus pariwisata dapat lebih mudah untuk mengakses kawasan Ekowisata Boonpring. 

"Nanti pelebaran jalan akan kita standarkan dengan standarnya. Sehingga bis pariwisata bisa masuk. Sudah dianggarkan di Dinas PU Bina Marga. Saran inovasi, semua potensi yang ada. Jadi usahanya, umkmnya maupun potensi multikultural yang lain agar bisa dikembangkan jadi tempat wisata nasional," terang Sanusi. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru