Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Heboh Bayi Lahir Putus Leher dan Lengan di Sulsel, Dokter Beri Penjelasan Ini

Penulis : Desi Kris - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

12 - May - 2022, 14:07

Bayi (Foto: Baby Centre)
Bayi (Foto: Baby Centre)

JATIMTIMES - Peristiwa menggegerkan terjadi di daerah Bulukamba, Sulawesi Selatan. Dikabarkan bahwa ada seorang bayi yang leher dan lengannya putus saat lahir. 

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sultan Daeng Raja Bulukumba, Sulawesi Selatan, pun memberikan penjelasan terkait bayi tersebut. Dokter mengatakan bayi itu dinyatakan meninggal dunia sejak ada di kandungan ibunya selama lebih 48 jam hingga membuat tulangnya lemah dan busuk.

"Makanya saat kepalanya lahir, tim dokter coba menarik lalu putus karena memang itu jaringannya sudah lunak," kata Direktur RSUD Sultan Dg Raja Bulukumba Risal.

Ibu hamil ini, kata Risal, adalah pasien rujukan dari Puskesmas Bontobangun. Pasien tersebut dirujuk karena pihak puskesmas tidak mampu menangani proses kelahiran ibu hamil itu.

Setelah dirujuk, pasien ditangani. Saat dilakukan pengecekan, kondisi dianggap normal, termasuk tekanan darah dan kondisi kandungannya. Kendati demikian, saat dilakukan  USG, ditemukan bahwa janin bayinya sudah meninggal.

Meski dianggap seluruh kondisi pasien  normal, pihak rumah sakit tidak langsung melakukan persalinan. Sebab, pasien saat itu bukan pasien emergency, walaupun janinnya tidak bernyawa. 

Dokter hanya memberikan obat dan menunggu persalinan normal. Menurut dokter, persalinan normal lebih aman daripada operasi caesar bagi kondisi pasien. 

Risal menduga  janin itu meninggal sekitar 48 jam lebih. Kondisi tubuh bayi pun sudah membusuk. 
Diduga bayi itu meninggal sepulang dari Kabupaten Sinjai atau saat masuk ke puskesmas.

"Ibunya sempat diperiksa di Sinjai. Pulangnya naik motor. Diduga di situlah terjadi kecelakaan pada janin dalam perut," imbuh Risal.


Topik

Peristiwa


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Desi Kris

Editor

Sri Kurnia Mahiruni