Penyakit Mulut dan Kuku Diduga Serang Puluhan Hewan Ternak Sapi di Kota Batu

May 11, 2022 18:10
Salah satu peternakan sapi di Kecamatan Bumiaji. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Salah satu peternakan sapi di Kecamatan Bumiaji. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

JATIMTIMES- Sejumlah hewan ternak sapi diduga terjangkit Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Kota Batu. Jumlah sapi yang terjangkit PKM diduga sejumlah 33 ekor. Puluhan sapi itu pun kini tengah ditangani Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kota Batu.

“Untuk mengetahui hewan ternak ini terjangkit apa tidak, sampel dari sapi-sapi tersebut sedang diteliti di Balai Besar Veteriner Wates Yogyakarta. Hasilnya mungkin besok (Kamis),” kata Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kota Batu, Sugeng Pramono.

Wabah ini bermulai dari laporan masuk pada 6 Mei, terdapat 5 ekos dapi diduga terjangkit PMK berasal dari Desa Sumbergondo, Kecamatan Bumiaji. Dari awal 5 ekor sapi, kini sudah merambah ke 22 ekor dapi lainnya. “Semakin bertambah kini sudah 33 eko sapi,” tambah Sugeng.

Pada awal Mei ini penyakit PMK sudah menyerang sejumlah 1.247 ekor sapi ternak di Jawa Timur. Beberapa daerah yang sudah melaporkan temuan kasus PMK yakni, Kabupaten Gresik, Kabupaten Lamongan, Kabupaten Mojokerto dan Kabupaten Sidoarjo.

“Untuk kasus PMK ini telah dinyatakan hilang oleh WHO sejak 1990. Baru-baru ini atau 30 tahun kembali muncul di Indonesia,” tambah Sugeng, Rabu (11/5/2022).

Tanda klinis yang terlihat pada hewan yang tertular seperti demam tinggi, hipersalivasi, sebagian ada lepuh di lidah dan rongga mulut, pincang, luka pada kaki diakhiri dengan lepasnya kuku pada sapi, sulit berdiri, dan menular sangat cepat dalam satu kawanan kandang.

Pemkot Batu kini telah melakukan tindakan supaya tidak menular. Mulai dari melakukan penyemprotan disinfektan di kandang-kandang yang sapi yang diduga terjangkit PMK. “Kemudian sapi diberi vitamin dan antibiotik. Mulai dari yang terjangkit maupun yang tidak tetapi kami berikan untuk pencegah,” ujar Sugeng.

“Setidaknya harus bergerak cepat ke lapangan demi pencegahan yang maksimal,” tutup Sugeng.

 Sedang jumlah sapi perah di Kota Batu tercatat 12.579 ekor. Untuk sapi potong terdapat 2.579 ekor.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
kasus pmk di jatimLeny SuryaniSugeng Pramono

Berita Lainnya

Berita

Terbaru