Presidensi G20 Indonesia 2022, Seberapa Besar Manfaatnya Bagi Indonesia?

May 11, 2022 18:09

JATIMTIMES - Sejak serah terima pada Oktober 2021, serangkaian acara Presidensi G20 Indonesia telah dilaksanakan dan akan terus berlangsung hingga 30 November 2022. Hal ini merupakan pertama kalinya bagi Indonesia menjadi tuan rumah dalam pelaksanaan G20.

Mengenal G20 (Group of Twenty)

G20 (Group of Twenty) sendiri merupakan sebuah forum diskusi antar negara maju dan berkembang yang membahas tentang perekonomian global. Forum yang dibentuk pada tahun 1999 dengan tujuan untuk menciptakan pertumbuhan global yang kuat, berkelanjutan, seimbang, dan inklusif ini, memuat kerja sama multilateral dari 19 negara dan 1 Uni Eropa. Negara-negara tersebut antara lain Afrika Selatan, Amerika Serikat, Arab Saudi, Argentina, Australia, Brasil, India, Indonesia, Inggris, Italia, Jepang, Jerman, Kanada, Meksiko, Republik Korea, Rusia, Perancis, Tiongkok, Turki, dan Uni Eropa. Tak tanggung-tanggung, G20 menggambarkan lebih dari 60% populasi bumi, 75% perdagangan global, dan 80% PDB dunia.

Presidensi G20 Indonesia 2022

Sedangkan, Presidensi G20 memiliki arti bahwa suatu negara akan menjadi tuan rumah dari pelaksanaan pertemuan forum G20. Pada tahun 2022, yang memegang Presidensi G20 selama setahun penuh adalah Indonesia. Dengan mengangkat tema “Recover Together, Recover Stronger” atau “Pulih Bersama, Bangkit Perkasa”, Indonesia mengajak semua negara anggota G20 untuk saling bahu-membahu dalam mendukung pemulihan perekonomian dunia supaya dapat tumbuh lebih kuat dan berkelanjutan.

Danyang akan menjadi tiga agenda utama dalam Presidensi G20 adalah arsitektur kesehatan global, transformasi ekonomi digital, dan transisi energi yang berkelanjutan. Agenda tentang arsitektur kesehatan akan berhubungan dengan penggalangan dana global, ketahanan dan standar kesehatan global yang harmonis. Sedangkan transformasi ekonomi digital berkaitan dengan desain ulang tata Kelola ekonomi global dengan teknologi digital. Dan agenda tentang transisi energi yang berkelanjutan akan mencakup dorongan terbentuknya sistem energi global yang lebih bersih dan transisi yang adil.

Lalu, apa sebenarnya keuntungan atau manfaat yang didapatkan Indonesia dengan menjadi tuan rumah forum G20?

Manfaat Presidensi G20 

Menjadi bagian dari forum G20 saja sudah merupakan salah satu bentuk pengakuan atas status Indonesia sebagai salah satu negara dengan perekonomian terbesar di dunia, yang juga dapat melambangkan negara berkembang lainnya. Sekarang, dengan terpilihnya Indonesia untuk menjadi tuan rumah pertemuan forum G20 haruslah dimanfaatkan dengan semaksimal mungkin untuk memberikan nilai tambah bagi pemulihan Indonesia, baik dari sisi kegiatan ekonomi maupun kepercayaan masyarakat dalam dan luar negeri. Momentum seperti ini juga menjadi kesempatan bagi Indonesia untuk menunjukkan kepemimpinannya di kancah internasional, khususnya dalam pemulihan ekonomi global. 

Menjadi tuan rumah forum G20 akan membuat Indonesia menjadi salah satu fokus perhatian dunia, khususnya bagi para pelaku ekonomi dan keuangan. Hal ini dapat dimanfaatkan untuk menunjukkan berbagai kemajuan yang telah dicapai Indonesia kepada dunia, dan menjadi titik awal pemulihan keyakinan pelaku ekonomi pasca pandemi, baik dari dalam negeri maupun luar negeri. 

Pertemuan-pertemuan G20 yang di selenggarakan di Indonesia juga dapat meningkatkan devisa dari kunjungan delegasi ke Indonesia. Dan menjadi sarana untuk memperkenalkan pariwisata dan produk unggulan Indonesia kepada dunia internasional, sehingga dapat menggerakkan perekonomian Indonesia. Dengan adanya pertemuan G20 yang diselenggarakan di Indonesia, Indonesia dapat memanfaatkannya sebagai ajang untuk promosi produk-produk unggulan dari UMKM dan dapat mendukung UMKM untuk memasuki pasar global. Karena saat ini produk yang dihasilkan UMKM mempunyai keunggulan produk yang menarik, unik, langka, dan dapat memenuhi minat masyarakat, misalnya seperti produk artisan yang mempunyai keunikannya sendiri dan tidak diproduksi secara massal.

Selain itu, jika dilihat dari sisi investasi, Presidensi G20 ini dapat berdampak pada kepercayaan dunia kepada Indonesia. Apabila Indonesia sukses dalam memimpin penyelenggaraan forum G20 ini, maka dapat meningkatkan kepercayaan dunia kepada Indonesia. Sehingga dengan begitu, Indonesia dapat mengkapitalisasikan banyak hal di berbagai macam bidang.

Maka dari itu, untuk mengoptimalkan manfaat yang di dapatkan dari Presidensi G20 2022 Indonesia ini, dan untuk mensukseskan penyelenggaraan forum G20 di Indonesia, diharapkan semua warga Indonesia supaya peduli dan turut berpartisipasi dalam kebijakan-kebijakan yang telah dirumuskan. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
ruang mahasiswapenyakit mulut dan kuku

Berita Lainnya

Berita

Terbaru