Ada 3 Jalur Masuk PPDB SD Kota Malang, Begini Syarat-syaratnya

May 10, 2022 17:22
Ilustrasi calon siswa jenjang SD yang mengikuti PPDB(pixabay)
Ilustrasi calon siswa jenjang SD yang mengikuti PPDB(pixabay)

JATIMTIMES - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Jenjang SD Kota Malang tahun 2022/2023 tak lama lagi dibuka. Terdapat beberapa jalur pendaftaran yang bisa dimanfaatkan oleh para peserta didik sesuai dengan kualifikasi dan persyaratan yang dimiliki.

Jalur masuk PPDB tersebut di antaranya, Jalur Afirmasi, Zonasi dan Jalur Kepindahan Orangtua. Pendaftaran dilakukan secara online melalui alamat ppdbkotamalang.id dengan mengisi formulir yang disediakan dan mengunggah dokumen dokumen yang dipersyaratkan.

Lantas apa saja syarat-syarat yang harus disiapkan ? Yuk simak informasinya yang diolah dari laman resmi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Malang. 

1. Jalur Afirmasi.

Bagi para calon siswa maupun para orang tua yang ingin mendaftarkan anak yang lewat jalur ini, maka harus mempersiapkan beberapa persyaratan. 

Peserta merupakan warga Kota Malang yang dibuktikan  Kartu Keluarga (KK) Kota Malang yang diterbitkan paling singkat 1 tahun sebelum tanggal pendaftaran PPDB. Kemudian, calon peserta didik, berusia paling rendah 6 tahun pada tanggal 1 Juli 2022. Ini dibuktikan dengan akta kelahiran. 

Dikecualikan paling rendah usia 5 tahun 6 bulan pada tanggal 1 Juli 2022, dibuktikan dengan akta kelahiran, dan rekomendasi tertulis dari psikolog profesional. Dalam hal psikolog profesional tidak tersedia, rekomendasi dapat diperoleh dari Kepala TK atas pertimbangan dewan guru TK.

Dan syarat terakhir adalah, berasal dari keluarga tidak mampu dibuktikan dengan kepemilikan Kartu PIP atau penerima dana PIP/PKH/KKS/BPNTD atau Surat Keterangan Tidak Mampu dari Dinas Sosial Kota Malang.

2. Jalur Zonasi.

Peserta didik yang Ingin mendaftar melalui jalur ini, tentunya haruslah merupakan warga Kota Malang. Hal ini dibuktikan dengan kepemilikan kartu keluarga (KK) yang diterbitkan paling singkat 1 tahun sebelum tanggal pendaftaran PPDB. 

Dalam Hal KK yang diterbitkan kurang dari 1 tahun karena ada perubahan anggota keluarga baru, maka dapat diberlakukan selama Calon Peserta Didik Baru (CPDB) berstatus sebagai anak kandung. 

Kemudian, berusia paling rendah 6 tahun pada tanggal 1 Juli 2022, dibuktikan dengan akta kelahiran. Dapat dikecualikan paling rendah usia 5 tahun 6 bulan pada tanggal 1 Juli 2022 dibuktikan dengan akta kelahiran, dan rekomendasi tertulis dari psikolog profesional. Dalam hal psikolog profesional tidak tersedia, maka rekomendasi dapat diperoleh dari Kepala TK atas pertimbangan dewan guru TK.

3. Jalur Mutasi atau kepindahan orangtua

Jalur mutasi juga disediakan oleh Disdikbud Kota Malang. Namun terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon peserta untuk bisa mengikuti jalur ini.

Syarat pertama adalah, berusia paling rendah 6 tahun pada tanggal 1 Juli 2022, dibuktikan dengan akta kelahiran. Dapat dikecualikan paling rendah usia 5 tahun 6 bulan pada tanggal 1 Juli 2022 dibuktikan dengan akta kelahiran, dan rekomendasi tertulis dari psikolog profesional. Dalam hal psikolog profesional tidak tersedia, rekomendasi dapat diperoleh dari Kepala TK atas pertimbangan dewan guru TK. 

Dan syarat terakhir, menunjukkan SK Mutasi orang tua ke Kota Malang yang memperkerjakan paling lama 2 tahun saat pelaksanaan PPDB.

Syarat-syarat dokumen tersebut, kemudian diubah dalam bentuk file, baik JPG atau PDF dan kemudian diunggah pada laman ppdbkotamalang.id. maksimal besaran file adalah 400 kb.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
PPDBKota Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru