Siap-siap, PPDB Jenjang SD Tinggal Menghitung Hari

May 10, 2022 16:47
Ilustrasi Pelaksanaan PPDB (pixabay)
Ilustrasi Pelaksanaan PPDB (pixabay)

JATIMTIMES - Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang SD di Kota Malang dijadwalkan Pada Mei 2022, tepatnya pada tanggal 23-25 Mei 2022. Pada tanggal tersebut, dijadwalkan untuk mereka yang mendaftar melalui jalur Afirmasi, Zonasi dan Jalur Kepindahan Orangtua.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Malang, Suwarjana SE MM, melalui pengumuman dalam laman Disdikbud menjelaskan, jika pendaftaran dilakukan secara daring melalui alamat ppdbkotamalang.id. Pendaftaran pada alamat tersebut dilakukan untuk jalur Afirmasi, jalur Zonasi dan Jalur Kepindahan Orangtua.

"Calon peserta didik hanya diperbolehkan memilih satu sekolah saja. (Link pendaftaran) akan dibuka sesuai petunjuk pelaksanaan," jelasnya dalam laman resmi Disdikbud.

Untuk Jalur Afirmasi, diperuntukkan untuk calon peserta didik dari keluarga tidak mampu ataupun penyandang disabilitas yang masih mampu mengikuti pembelajaran secara normal. Pada jalur ini, memiliki pagu 15 persen dari baku masing-masing sekolah.

Jalur Mutasi atau kepindahan orangtua, diperuntukkan untuk calon peserta didik yang orang tuanya pindah bertugas di kota Malang, seperti halnya ASN, TNI, Polri dan BUMN/BUMD. Pada jalur ini, pagi yang diambil sebanyak 5 persen dari pagu masing-masing sekolah.

Sementara untuk Jalur Zonasi, diperuntukkan untuk mereka yang beralamat di Kota Malang. Pada jalur ini, masing-masing sekolah memiliki pagu sebanyak 80 persen.

Pengumuman penerimaan pada tanggal 27 Mei 2022, dan dilanjutkan dengan daftar ulang pada tanggal 27 - 28 Mei 2022. Calon peserta didik yang telah diterima melalui seleksi PPDB secara online pada SD yang dipilih, dilarang mengundurkankan diri dengan alasan apapun. Mereka juga dilarang untuk kemudian mendaftar pada SD lainnya secara luring meskipun salat tersebut masih terdapat pagu.

"Tentukan pilihan secara bijak," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
PPDBKota MalangSUWARJANA

Berita Lainnya

Berita

Terbaru