Peran Penting Shadow Membentuk Kemandirian Anak Berkebutuhan Khusus, Begini Penjelasan Pakar

May 08, 2022 20:04
Maria Yosepha SPsi, Terapis Anak Berkebutuhan Khusus dari Lembaga Psikologi Terapan Fakultas Psikologi Universitas Wisnuwardhana Malang (Ist)
Maria Yosepha SPsi, Terapis Anak Berkebutuhan Khusus dari Lembaga Psikologi Terapan Fakultas Psikologi Universitas Wisnuwardhana Malang (Ist)

JATIMTIMES - Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) membutuhkan Shadow dalam membentuk karakter kemandirian dan juga mengikuti pembelajaran dalam kelas inklusi. Hal ini disampaikan Maria Yosepha SPsi, Terapis Anak Berkebutuhan Khusus dari Lembaga Psikologi Terapan Fakultas Psikologi Universitas Wisnuwardhana Malang.

Bagi siswa ABK dalam kelas inklusi, tentunya akan mengalami kesulitan dalam memahami sebuah materi pembelajaran, jika dibandingkan dengan siswa kelas reguler. Selian itu dalam proses sosialisasi ataupun interaksi, ABK juga masih mengalami kendala. Karena itulah, peran Shadow sangat dibutuhkan. 

Dijelaskan Maria, Shadow merupakan guru pendamping guru kelas atau guru mata pelajaran yang bertugas untuk membantu ABK dalam mempelajari materi yang diajarkan oleh guru dan administrasi pendidikan yang berkaitan dengan siswa.

"Bagi siswa yang tidak bisa mengikuti kelas reguler, tentunya masuk ke kelas inklusi dan inilah dibutuhkan guru pendamping atau Shadow tadi," jelasnya.

Dengan adanya Shadow, tentunya akan memudahkan siswa ABK dalam bersosialisasi, berinteraksi dengan lingkungan sekolah dan memahami pembelajaran yang diberikan. Sehingga, Shadow merupakan bagian penting dalam perkembangan siswa ABK.

Dijelaskan Maria, untuk menjadi Shadow atau guru pendamping bagi siswa ABK, tentunya tak bisa sembarangan. Terdapat skill atau kemampuan khusus yang harus dikuasai oleh seorang Shadow untuk bisa membantu memberikan pemahaman materi yang diberikan oleh guru mata pelajaran.

"Memang butuh sekali. Shadow inilah nantinya yang akan menjelaskan kepada siswa ABK," tuturnya.

Meskipun sebagai seorang Shadow harus memiliki kemampuan khusus, dikatakan Maria saat ini belum ada pelatihan khusus terhadap Shadow. Akan tetapi, di Lembaga Psikologi Terapan memberikan pelayanan untuk pelatihan Shadow.

Selama enam bulan, Shadow diberikan pelatihan dengan berbagai macam trik untuk menangani siswa ABK. Seperti diketahui jika siswa ABK memiliki emosi yang tak tentu dan selalu berubah-ubah. 

"Tapi meskipun belum 6 bulan, dirasa mampu, tentunya bisa mendampingi," tuturnya.

Lebih lanjut dijelaskannya, seorang Shadow tidak menangani banyak siswa. Seorang Shadow hanya menangani satu siswa. Ini karena Shadow berbeda dengan pembimbing khusus. 

"Shadow gol utama adalah membentuk kemandirian anak. Itu harus," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Anak Berkebutuhan KhususGuru Pendamping Khususkomunitas trail blitar

Berita Lainnya

Berita

Terbaru