Upaya Pulihkan Ekonomi, Wabup Malang Ajak Setiap Desa Kembangkan Potensinya

May 08, 2022 19:01
Wabup Malang Didik Gatot Subroto saat meninjau aktifitas ekonomi sambil membagikan masker di kawasan Desa Pujon Kidul.(Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).
Wabup Malang Didik Gatot Subroto saat meninjau aktifitas ekonomi sambil membagikan masker di kawasan Desa Pujon Kidul.(Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).

JATIMTIMES - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang terus berupaya mendorong setiap desa di Kabupaten Malang untuk bisa mengembangkan potensinya masing-masing. Hal tersebut dimaksudkan agar aktifitas perekonomian masyarakat yang sempat lesu akibat pandemi Covid-19 bisa segera terangkat. 

Wakil Bupati (Wabup) Malang, Didik Gatot Subroto mengungkapkan, pengembangan potensi tidak hanya bagi desa atau wilayah yang sudah dikenal memiliki tempat wisata karena potensi alamnya saja. Namun juga berlaku bagi desa lain yang memiliki potensi lain selain potensi alam. 

Dalam hal ini, menurutnya sudah menjadi tugas bagi Pemerintah Daerah (Pemda) untuk bisa mendorong wilayah-wilayah dengan kondisi tersebut. Sehingga, dirinya berharap masyarakat bisa turut berkreasi dan berinovasi untuk bisa ambil bagian dalam aktifitas perekonomian di sekitarnya. 

"Bagaimana desa yang tidak memiliki potensi alam, itu yang harus didorong, yakni dengan bagaimana pemerintah daerah melalui DPMD (Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa) akan mendorong melalui unit-unit kerja di bidang jasanya harus digerakkan," ujar Didik.

Salah satu desa yang menurutnya perlu didorong karena dinilai memiliki potensi meski bukan karena kondisi alam adalah Desa Tamanharjo, Kecamatan Singosari. Dimana menurutnya, perlu ada dorongan bagi desa ini agar masyarakatnya bisa menangkap peluang atas ruang yang diberikan oleh Pemerintah Pusat. Salah satunya seperti Kawasan Ekonomi Khusus. 

"Seperti jasa, usaha pertokoan, kuliner, UMKM nya, itu akan menjadi bagian bagaimana (masyarakat) menangkap peluang dengan ruang yang telah diberikan pemerintah pusat," terang Didik. 

Selain itu, Didik menyebut bahwa hal itu juga seiring dengan proses bergesernya kondisi dari pandemi untuk dapat menjadi endemi. Artinya, sembari melakukan berbagai upaya untuk mengungkat ekonomi, kedisiplinan protokol kesehatan (prokes) sebagai upaya untuk mencegah Covid-19 diharapkan bisa tetap dilakukan.

"Maka kalau roda perekonomian sudah kembali bergerak dan normal, maka disitulah harapannya tata niaga dari semua lini bergerak," pungkas Didik. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
pemulihan ekonomiKabupaten MalangWakil Bupati Malangwakil bupati malang didik gatot subroto

Berita Lainnya

Berita

Terbaru