10 Ribu Wisatawan Sempat Padati Alun-Alun Kota Batu Selama Libur Lebaran

May 08, 2022 17:59
Suasan Alun-Alun Kota Batu dipenuhi wisatawan. (Foto: Irsya Richa/ MalangTIMES)
Suasan Alun-Alun Kota Batu dipenuhi wisatawan. (Foto: Irsya Richa/ MalangTIMES)

JATIMTIMES - Bagi wisatawan yang datang ke Kota Batu, belum menginjakkan kaki di Alun-Alun Kota Batu kurang lengkap rasanya. Karena itu, selama libur lebaran Alun-Alun Kota Batu dibanjiri lautan manusia.

Tercatat pengunjung Alun-Alun Kota Batu mencapai puluhan ribu orang. “Selama liburan ini pengunjung bisa tembus 10 ribu orang rata-rata per harinya,” kata Kepala Seksi Pertamanan Dinas Lingkungan Hidup Kota Batu, Reny Wardhani.

Jumlah tersebut naik lima kali lipat jika dibandingkan pada Ramadan lalu. Rata-rata momen bulan Ramadan pengunjung hanya mencapai 2 orang per harinya.

“Peningkatan itu terjadi saat setelah lebaran,” tambah Reny, Minggu (8/5/2022). Pengunjung yang datang pun dari berbagai daerah mulai dari  kawasan Jawa Timur, Jawa Tengah, hingga Jakarta.

Luberan pengunjung pun tidak hanya di dalamnya, namun juga hingga area luar Alun-Alun Kota Batu. Mereka yang ingin ke dalam pun harus melewati beberapa tahap pemeriksaan.

Mulai dari scanning barcode aplikasi PeduliLindungi, harus bermasker, hingga menggunakan hand sanitizer. Jadi setiap pengunjung yang ingin masuk harus rela antre, mengingat selama pandemi Covid-19 hanya bisa melalui satu pintu masuk dan keluar.

Di dalam alun-alun pun pengunjung harus menaati peraturan mulai harus menggunakan masker, menjaga jarak. Tentunya demi mencegah penyebaran Covid-19.

Meski jumlahnya pengunjung mencapai 10 ribu orang, namun jam operasional pun tidak seperti hari-hari biasanya. Ya selama libur lebaran jam operasionalnya mulai pukul 08.00-21.00 WIB.

“Berbeda dengan hari biasa mulai pukul 08.00 sampai 22.00 WIB,” ujar Reny. Dengan tingginya kunjungan ini, tentunya perekonomian pedagang kaki lima (PKL) mulai merangkak naik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Libur LebaranAlun alun Kota BatuWISATA KOTA BATU

Berita Lainnya

Berita

Terbaru