H+5 Lebaran, Arus Lalu Lintas di Kabupaten Malang Ramai Lancar

May 07, 2022 17:12
Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat saat berdiskusi dengan Kasat Lantas Polres Malang AKP Agung Fitriansyah saat memantau arus lalu lintas (foto: Humas Polres Malang for JatimTIMES)
Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat saat berdiskusi dengan Kasat Lantas Polres Malang AKP Agung Fitriansyah saat memantau arus lalu lintas (foto: Humas Polres Malang for JatimTIMES)

JATIMTIMES - Kondisi arus balik kendaraan yang akan meninggalkan wilayah Kabupaten Malang pada H+4 perayaan Idul Fitri 1443 H terpantau ramai lancar, meski terjadi sedikit peningkatan jumlah kendaraan yang akan meninggalkan wilayah tersebut.

Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat mengatakan bahwa secara garis besar, arus lalu lintas untuk kendaraan dari arah Kota Batu dan Blitar menuju wilayah Malang dalam kondisi lancar meskipun ada sedikit peningkatan jumlah kendaraan. Hal itu diketahui usai melakukan pemantauan arus lalu lintas di sejumlah wilayah di Kabupaten Malang.

“Memang ada peningkatan jumlah volume kendaraan, namun terhitung masih lancar. Jadi kami cukup optimistis ini akan lancar arus balik,” kata Ferli.

Ferli menjelaskan bahwa arus kendaraan yang menuju sejumlah tempat wisata di wilayah Kota Batu dan Kabupaten Malang, diperkirakan merupakan wisatawan lokal. Sementara untuk para wisatawan yang berasal dari luar kota, sudah mengalami penurunan.

Sementara itu, salah satu personel Satlantas Polres Malang yang melaksanakan tugas yaitu Briptu Eka Atta menambahkan, berdasarkan pantauan saat ini, kendaraan yang akan menuju wilayah Surabaya melalui Tol Singosari mengalami peningkatan namun masih dalam keadaan lancar.

“Untuk arus kendaraan dari wilayah Malang menuju Surabaya, terlihat ada sedikit peningkatan, namun arus tetap lancar,” kata Eka.

Eka menambahkan, sementara untuk kendaraan yang keluar dari gerbang Tol Singosari menuju wilayah Malang Raya, juga terpantau lancar. Ia meminta masyarakat untuk tetap waspada dan mengutamakan keselamatan saat berkendara saat arus balik libur Lebaran.

“Tetap patuhi rambu dan aturan lalu lintas. Jika lelah, silahkan berisitirahat di tempat yang sudah disediakan,” ujar Eka.

Di wilayah Kabupaten Malang, salah satu titik yang perlu diwaspadai karena berpotensi mengalami hambatan adalah pada Simpang Empat Kepuharjo. Persimpangan itu merupakan salah satu titik rawan kepadatan karena peningkatan arus kendaraan menuju Kota Batu.

Di sisi lain, Kanit Regident Satlantas Polres Malang, Iptu Gana menambahkan, sejumlah skema yang diterapkan untuk mengantisipasi dan mengurai kemacetan pada Simpang Empat Kepuharjo tersebut dinilai berhasil.

“Simpang Empat Kepuharjo merupakan salah satu titik rawan kepadatan arus lalu lintas. Saat ini, arus dari arah gerbang Tol Singosari atau Kota Malang menuju Kota Batu, masih ramai lancar dan tidak ada antrean atau kepadatan,” kata Gana.

Beberapa skema yang diterapkan untuk mengantisipasi dan mengurai kepadatan pada titik tersebut antara lain adalah dengan menempatkan sejumlah personel Polres Malang pada setiap simpul dan pelaksanaan rekayasa arus lalu lintas.

Ia menambahkan, untuk arus sebaliknya yaitu dari wilayah Kota Batu menuju wilayah Kabupaten Malang atau gerbang Tol Singosari, juga terpantau ramai lancar. Petugas gabungan yang diterjunkan saat ini terus melakukan pengaturan arus lalu lintas pada arus kendaraan tersebut.

“Petugas Satlantas Polres Malang bersama unsur terkait lainnya, masih terus melakukan pengaturan untuk kelancaran arus lalin,” ungkap Gana. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Arus BalikArus Balik LebaranArus MudikPolres Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru