Hujan Intensitas Tinggi, Dua Banjir Lumpur Landa Tulungrejo Kota Batu

May 07, 2022 09:19
Kondisi banjir lumpur di Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jumat (6/5/2022). (Foto: istimewa)
Kondisi banjir lumpur di Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jumat (6/5/2022). (Foto: istimewa)

JATIMTIMES - Kecamatan Bumiaji kembali dilanda dua kejadian banjir lumpur saat hujan dengan intensitas tinggi. Kali ini banjir lumpur melanda kawasan Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jumat (6/5/2022).

“Hujan dengan intensitas tinggi di wilayah Kecamatan Bumiaji menyebabkan terjadinya banjir lumpur,” kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu Agung Sedayu.

Kejadian banjir lumpur ini tepatnya berada di Jalan Raya Sumber Brantas dan Jalan Besta (akses jalan menuju Pura Luhur Giri Arjuno). Di Jalan Raya Sumber Brantas, material lumpur menutup jalan dengan dimensi panjang 30 meter, lebar 8 meter dengan ketebalan 5 sentimeter.

Banjir lumpur di Jalan Sumber Brantas juga menyebabkan saluran drainase di tepi jalan tertutup material lumpur dan bebatuan.

Sementara, di Jalan Besta, material lumpur menutup jalan dengan dimensi panjang 40 meter, lebar 6 meter, dengan ketebalan 30 sentimeter.

Pembersihan material lumpur pun langsung dilakukan mengingat itu jalur utama dan akses wisata. Apalagi, banjir lumpur ini cukup membahayakan pengendara yang melintas.

Pembersihan dilakukan secara manual dan penyemprotan dengan air bersih oleh Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Batu untuk mempercepat pembersihan. Selama  pembersihan jalan,  petugas menerapkan sistem buka tutup jalan untuk menghindari  kemacetan.

Pengguna jalan pun diminta lebih waspada saat melintas di sepanjang Jalan Raya Sumber Brantas dan Jalan Besta, terutama pada saat kondisi cuaca hujan. “Selanjutnya perlu dilakuan pembersihan saluran drainase di tepi jalan sepanjang Jalan Raya Sumber Brantas dari material lumpur dan bebatuan,” tutup Agung.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Banjir LumpurBanjir di Kota Batuberita kota batuTeknologi komunikasi

Berita Lainnya

Berita

Terbaru