51.889 Wisatawan Padati Kota Batu Selama Libur Lebaran, Kunjungan Naik 2 Kali Lipat

May 06, 2022 19:34
Pengunjung saat berswafoto di dalam wahan bianglala di Taman Rekreasi Selecta. (Foto: Istimewa).
Pengunjung saat berswafoto di dalam wahan bianglala di Taman Rekreasi Selecta. (Foto: Istimewa).

JATIMTIMES - Longgarnya Pembatasan Pemberlakuan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di tengah pandemi Covid-19 setelah dua tahun lamanya, membuat wisatawan memadati sejumlah tempat wisata di Kota Batu. Setidaknya, sudah 51.889 orang telah berkunjung ke Kota Apel itu.

Jumlah tersebut tercatat sejak 2 hingga 4 Mei 2022. Seluruhnya merupakan akumulasi dari 13 tempat wisata yang memang sudah banyak dipadati wisatawan. Jumlah kunjungan itu pun meningkat dua kali lipat dibanding kunjungan sebelum libur lebaran atau saat Ramadan.

Direktur Utama Taman Rekreasi Selecta Sujud Hariadi mengatakan, longgarnya PPKM tahun 2022 sangat berimbas pada kunjungan wisatawan di Selecta. Tercatat 5 ribu wisatawan per harinya telah memadati Selecta selama libur lebaran 2022.

“Diperkirakan tingkat kunjungan wisatawan ini bisa bertambah di akhir pekan ini,” ungkap Sujud, Jumat (6/5/2022). 

Sujud berharap kunjungan wisatawan bisa tembus mencapai 8 ribu wisatawan. “Kalau kapasitas wisatawan 10 ribu kunjungan,” tambah Sujud.

Selain Taman Rekreasi Selecta, yang tidak kalah padatnya adalah Jatim Park Group. Setidaknya rata-rata 2 ribu sampai 4 ribu wisatawan memadati beberapa tempat wisata Jatim Park.

“Peningkatnya dua kali lipat dari hari libur biasanya. Contohnya di JTP 1 hari ini lebih 2.000 orang. Seperti di JTP 3 mencapai 4.000 orang,” ucap  Marketing and Public Relations Manager Jatim Park Group Titik S. Ariyanto.

Jumlah itu, lanjut Titik memang hanya 10 hingga 25 persen total kapasitas. Titik optimis bisa terus meningkat hingga akhir pekan ini.

“Kami optimis dan yakin bisa terus bertambah. Apalagi kami telah menyiapkan event-event menarik dan juga wahana baru di setiap park yang dimiliki JTP Group,” harap Titik.

Terpisah, Megga Salim, wisatawan asal Surabaya mengaku rindu berwisata ke Kota Batu setelah melewatkan dua tahun. Sebab Kota Batu menjadi andalannya untuk berwisata buatan maupun alami.

“Apalagi jarak antara Surabaya dan Batu ini kan nggak begitu jauh, jadi andalan keluarga untuk berwisata sambil menghirup udara segar,” ujar Megga saat ditemui di Selecta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
arus mudik kabupaten malangKota BatuLibur LebaranWISATA KOTA BATU

Berita Lainnya

Berita

Terbaru