Jembatan Ambrol, Jalur Alternatif Singosari-Kota Malang-Kota Batu Tak Bisa Dilewati Mobil

May 06, 2022 13:08
Papan informasi jembatan ambrol di Dusun Gebyak, Kelurahan Purwoasri, Kabupaten Malang (foto: Hendra Saputra/JatimTIMES)
Papan informasi jembatan ambrol di Dusun Gebyak, Kelurahan Purwoasri, Kabupaten Malang (foto: Hendra Saputra/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Jalur alternatif via Dusun Gebyak, Kelurahan Purwoasri, Kabupaten Malang yang biasa digunakan pengendara untuk menuju Kota Malang ataupun Kota Batu tak bisa dilewati mobil. Karena sejak dua bulan lalu, jembatan yang biasa digunakan untuk melintas tersebut ambrol di sebagian sisinya dan hingga kini belum diperbaiki.

Salah seorang warga sekitar jembatan, Wiyono (48) mengatakan bahwa sekitar dua bulan lalu, jembatan di RT 03, RW 05 Dusun Gebyak, Kelurahan Purwoasri, Kabupaten Malang ambrol usai diterjang hujan deras. Sehingga mobil yang mulanya bisa melintas, kini tak bisa melewati jalur alternatif tersebut.

“Itu sudah sekitar 2 bulan lalu ambrolnya, pokoknya sebelum puasa seingat saya. Waktu itu hujan deras sore hari, lalu malamnya itu ambrol jembatannya,” kata Wiyono kepada JatimTIMES, Jum'at (6/5/2022) siang.

Saat melihat di lokasi, beberapa pengendara sepeda motor harus bergantian untuk melintas di jalur tersebut. Sebab, warga sekitar menutup sebagian sisi jembatan agar tidak membahayakan pengendara yang melintas.

“Iya itu ditutup sebagian, karena supaya tidak membahayakan pengendara yang melintas,” ucap Wiyono.

Beberapa pengendara roda dua yang melintas jembatan yang ambrol (foto: Hendra Saputra/JatimTIMES)

Sebelum masuk ke area tersebut, sekitar 100 meter sudah ada papan informasi bahwa jembatan ambrol. Hal itu dilakukan agar pengendara yang menggunakan mobil tidak melintas di area tersebut.

“Itu warga sini juga yang masang Mas, ya karena agar pengendara terutama yang bawa mobil tidak melintas. Karena memang tidak bisa, bahaya juga,” ungkap Wiyono.

Pasca jembatan tersebut ambrol, dari pihak Kelurahan Purwoasri dan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Malang menurut Wiyono sudah ada yang melihat. Bahkan, mereka memfoto area tersebut.

“Sudah ada yang foto itu Mas, dari kelurahan sama Dishub kalau tidak salah. Tapi ya kondisinya masih seperti ini Mas,” ujar Wiyono.

Biasanya pada musim mudik lebaran, jalur alternatif via Dusun Gebyak, Kelurahan Purwoasri, Kabupaten Malang kerap digunakan. Sebab, jalur tersebut bisa mengarah ke Kota Malang ataupun Kota Batu.

Pemudik yang ingin ke Kota Malang ataupun Kota Batu terutama yang menggunakan mobil harus mencari jalur alternatif lain bila kemacetan terjadi di jalur utama Singosari-Kota Malang padat ataupun macet.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Jalur AlternatifKabupaten Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru