Perpustakaan Daerah Alun Alun Kota Batu Bakal Buka di Hari Libur Sabtu dan Minggu

May 05, 2022 15:40
Pengunjung sedang membaca buku di Perpustakaan Daerah di area Alun-Alun Kota Batu.
Pengunjung sedang membaca buku di Perpustakaan Daerah di area Alun-Alun Kota Batu.

JATIMTIMES - Minat baca warga Kota Batu terus dirangsang Dinas Perpustakaan dan Arsip (Disperpusip) Kota Batu. Hari kerja Perpusatakan Daerah (Perpusda) yang baru di Jalan Kartini di kawasan Alun-Alun Kota Batu bakal ditambah.

Biasanya hari kerja hanya pada hari Senin sampai Jumat, rencananya bakal ditambah pada hari Sabtu dan Minggu. 

“Nanti Perpusda juga akan dibuka Sabtu dan Minggu,” ucap Kepala Disperpusip Kota Batu, Santi Restuningsasi

Bahkan jam operasinal yang biasanya hanya buka pada pagi hingga siang hari, bakal diperpanjang hingga malam hari.

Penambahan jam buka dan hari kerja itu selain untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat juga untuk menyambut wisatawan. Sebab  perpustakaan berada di tempat yang strategis.

Namun untuk penambahan hari kerja dan jam operasional akan diikuti dengan penambahan pegawai. “Untuk menambah jam operasional kami juga harus menambah anggota yang bertugas,” tambah Santi.

Rencananya Santi akan menambah 10 anggota di bagian pelayanan, office boy hingga keamanan. Dengan ditambahnya jam operasional ini, Santi berharap minat baca masyarakat bisa bertambah.

Di sisi lain di Perpusda ada beragam fasilitas yang disuguhkan supaya membuat pengunjungnya nyaman dan betah membaca buku. Di sana terdapat ruang baca anak yang dilengkapi dengan boneka-boneka.

Tentunya ada ruang baca dewasa, hingga ruang baca difabel. “Untuk ruang baca anak nanti kami buat kelas seperti PAUD karena ada peraganya juga,” terang Santi.

Ada juga ruang kreasi yang nantinya diperuntukkan bagi seluruh komunitas atau pun instansi yang membutuhkan tempat untuk membuat acara. Kemudian dilengkapi dengan koleksi buku 34.300 eksemplar dan 4.800 buku elektronik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
santi restuningsasiperpusda kota batuminyak sawit

Berita Lainnya

Berita

Terbaru