Dapat Kucuran Dana Rp 507 Juta, Disperpusip Kota Batu Bakal Tingkatkan Fasilitas Perpusda di Alun-Alun

May 04, 2022 18:49
Salah satu pengunjung saat memilih buku untuk dibaca di Perpustakaan Balai Kota Among Tani. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Salah satu pengunjung saat memilih buku untuk dibaca di Perpustakaan Balai Kota Among Tani. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

JATIMTIMES - Pemerintah pusat memberikan jatah anggaran Dana Alokasi Khusus tahun ini kepada Dinas Perpustakaan dan Arsip (Disperpusip) Kota Batu sebanyak Rp 507 juta. Dengan anggaran itu rencananya bakal dimanfaatkan untuk meningkatkan fasilitas Perpustakaan Daerah (Perpusda).

Perpusda itu berada Jalan Kartini, area Alun-Alun Kota Batu yang baru saja diresmikan pada pertengahan bulan Februari 2022 lalu oleh Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko.

Kepala Disperpusip Kota Batu, Santi Restuningsasi mengatakan, dengan anggaran itu rencananya digunakan untuk meningkatkan fasilitas Perpusda, utamanya di lantai dua yang masih kosong.

“Karena masih kosong akan kami berikan fasilitas berupa belanja mebeler. Meliputi kursi, meja, hingga rak untuk display buku,” ucap Santi.

“Untuk proses peningkatan fasilitas ini juga butuh waktu. karena untuk belanja mebeler harus lewat lelang di LPSE. Sehingga harus menyiapkan berkas untuk bisa naik di bagian pengadaan,” tambah Santi.

Peningkatkan fasilitas di Perpusda sangat penting. Tujuannya untuk memberikan rasa nyaman bagi pembaca di Perpusda.

Karena saat ini fasilitas mebeler seperti meja, kuris hingga rak display buku merupakan barang lama yang yang diambil dari Taman Baca Masyarakat (TBM).

“Setelah nanti belanja fasilitas selesai, kami akan pastikan jika mebeler dari TBM akan dikembalikan. Apalagi saat ini TBM juga tengah direnovasi,” ujar Santi yang juga mantan kabag Humas Pemkot Batu ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
perpusda kota batuDesa Wae Rebosanti restuningsasi

Berita Lainnya

Berita

Terbaru